Mengintip Kesehatan Tubuh Lewat Kondisi Kaki



Ilustrasi kaki. (iStock)



VIVAlife - Disadari atau tidak, kaki merupakan cermin kesehatan diri. Perubahan sekecil apapun pada kaki, menandakan ada yang terganggu pada tubuh. Itu bisa jadi gejala awal sebelum ke dokter.


Jika bisa dideteksi lebih dini, masalah kesehatan serius mungkin bisa ditangani dan tak fatal. Mengutip laman Time, berikut beberapa gangguan kesehatan yang ditandai oleh perubahan pada kaki.


Kaki “gundul”


Jika bulu mendadak rontok dan kaki jadi “gundul”, artinya ada masalah pada sirkulasi tubuh. Kaki tak dapat aliran darah cukup untuk menumbuhkan rambut. Bisa jadi, itu disebabkan jantung yang lemah.


Kaki kram


Kaki kram merupakan gejala dehidrasi, kelainan saraf, atau kekurangan gizi. Pastikan cukup minum air, perbanyak kalium, magnesium, dan kalsium. Sebagai bantuan pertama, rendam kaki di air hangat.


Luka membandel


Jika ada luka di kaki yang tak kunjung sembuh, bisa jadi itu tanda diabetes. Kadar glukosa dalam darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf di kaki, sehingga tak bisa merasa sakit.


Luka membandel juga bisa menjadi sinyal kanker kulit. Melanoma bisa muncul di manapun, termasuk di antara jari-jari kaki. Untuk mengeceknya, perlu tes kulit secara intensif dan menyeluruh.


Sering dingin


Itu merupakan tanda penyakit hormon yang disebut hipotiroid. Jika usia sudah di atas 40, tiroid memang akan berkurang tanpa disadari. Tapi jika usia masih di bawah itu, segera periksakan saja ke dokter.


Jempol kaki membesar


Bisa jadi sedang ada masalah peradangan pada tubuh. Apalagi jika daerah persendian mendadak merah, bengkak, panas, dan nyeri. Bisa jadi itu inflamasi, arthritis, infeksi, atau trauma usai terbentur sesuatu.


Cantengan


Berhenti menyalahkan sepatu sempit. Cantengan bukan salah sepatu, melainkan tanda struktur kaki buruk. Itu penyakit genetik, yang kondisinya bisa diperparah sesuatu. Mengobatinya bisa lewat operasi.


Nyeri tumit


Ada nyeri tajam di tumit saat bangun tidur atau bangkit dari duduk? Itu disebabkan penegangan ligamen yang berfungsi mendukung postur kaki. Penyebabnya kesalahan alas kaki dan kurangnya peregangan.


Gatal dan kulit mengelupas


Kemungkinan besar itu masalah jamur. Jika dibiarkan, gatal akan mengganggu aktivitas. Segera olesi krim anti jamur, dan jaga kaki tetap kering. Jika bukan jamur, kemungkinan itu eksim atau psoriasis.


Kuku kuning


Memakai cat kuku sampai berbulan-bulan tanpa henti, bisa membuat kuku menguning. Kuku kuning juga bisa dipengaruhi usia. Jika disertai kerapuhan dan mengelupas, bisa jadi itu infeksi jamur. (umi)