Hindari Makanan Ini Agar Tak Bau Badan




Hasil penelitian menunjukkan bahwa tomat menjadi salah satu faktor yang memicu bau badan. (iStock)




Hasil penelitian menunjukkan bahwa tomat menjadi salah satu faktor yang memicu bau badan. (iStock)



VIVAlife – Jika Anda punya masalah dengan bau badan, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi tomat. Pasalnya, sayuran yang satu ini punya minyak alami yang memicu tubuh mengeluarkan aroma tak sedap.


Pengetahuan ini didapat dari hasil penelitian Dr Charles Stewart, seorang ahli kimia sekaligus dokter umum. Dari penelitiannya, Stewart menemukan bahwa bau badan sebagian disebabkan oleh genetik.


“DNA menentukan sebanyak apa kita berkeringat. Mereka yang beruntung dengan produksi sedikit keringat, tidak akan memiliki masalah bau badan,” terang Stewart.


Namun sebenarnya, masalah aroma tubuh tak sedap tidak hanya disebabkan oleh keringat, melainkan dari kehadiran kelompok Corynebacterium yang tumbuh di sekitar daerah sumber keringat, terutama ketiak.


“Keringat yang banyak akan diubah oleh Corynebacterium menjadi komponen dengan bau menyengat. Itulah yang menyebabkan bau badan,” lanjutnya.


Bagi beberapa orang, masalah ini bisa diatasi dengan membersihkan diri secara teratur. Tapi, bagi sebagian orang, masalah bau badan ini bisa bertambah buruk jika mereka makan makanan yang tidak tepat. Salah satunya, tomat.


Stewart menemukan tomat sebagai penyebab bau badan melalui penelitian selama dua puluh tahun. Dari penelitian tersebut dia menemukan senyawa terpenes yang terkandung dalam minyak alami tomat.


Saat terpapar matahari, minyak tersebut membuat tomat mengeluarkan aroma tak sedap yang sama seperti keringat.


Pada penelitian lanjutan yang dia lakukan, Stewart membandingkan kelompok yang mengonsumsi tomat dalam diet harian dan yang tidak. Diketahui, mereka yang mengonsumsi tomat memiliki aroma tubuh yang lebih tajam dibanding mereka yang tidak.


Bahkan aroma tersebut terus menempel selama tujuh hari setelah diet tomat dihentikan.


“Sungguh mengejutkan bahwa aroma tidak sedap yang dikeluarkan tomat bisa bertahan begitu lama. Tapi ini sekaligus menunjukkan bahwa tomat menjadi salah satu faktor yang memicu bau badan,” terangnya.


Kendati demikian, Stewart menyebutkan dia membutuhkan studi lanjutan untuk mengetahui apakah tomat yang dimasak juga bisa memengaruhi bau badan.


Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Medical Hypotheses. (ita)


Sumber: Daily Mail