VIDEO: Fenomena Timbul Tenggelamnya Gugusan Nusa




Pulau baru di tengah Laut Arab, yang muncul akibat gempa Pakistan. (REUTERS/Stringer)




Pulau baru di tengah Laut Arab, yang muncul akibat gempa Pakistan. (REUTERS/Stringer)



VIVAlife - Sejatinya, gugusan nusa tidak terbentuk begitu saja. Ada fenomena alam yang melatarbelakanginya. Dari kegiatan tektonik dan vulkanik, terwujudlah sebuah daratan yang dikelilingi perairan lepas.


Terkadang, fenomena yang sama juga bisa menenggelamkan pulau-pulau yang sudah ada. Seperti bisa dilihat dalam video Fenomania Hits ANTV berikut, inilah beberapa fenomena timbul tenggelamnya gugusan nusa di dunia.


Gempa Pakistan


Dua hari setelah gempa berkekuatan 7,7 SR yang terjadi di Pakistan akhir September lalu, muncul sebuah daratan baru di wilayah Laut Arab. Pulau kecil itu mewujud di lepas Pantai Gwadar, 380 kilometer dari pusat gempa.


Yang unik, bentuknya seperti kubah. Tingginya mencapai 18 meter, lebarnya 30 meter, dan panjangnya 76 meter. Di celah-celah permukaan pulau, ada asap yang mengandung gas metan. Disebut-sebut, pulau itu merupakan gunung berapi lumpur yang meletus karena gempa.


Pulau karang


Sejak Januari lalu, di perairan Bangkalan, Madura, juga muncul sebuah pulau baru yang terbentuk dari karang. Bentuknya aneh, bisa serupa tulang atau tengkorak manusia. Penduduk setempat percaya, kejadian mistis melatarbelakangi kemunculan pulau itu.


Namun, seorang sesepuh desa menjelaskan kemungkinan pulau itu terbentuk dari fluktuasi ombak dan hujan yang membawa karang-karang mati. Sebab, pernah ada upaya dari masyarakat untuk membuat tangkis laut dari karang-karang.


Pulau hantu


Nama sebenarnya Pulau Sandy. Pulau di perairan Pasifik antara Australia dan Kaledonia ini menghilang secara mendadak dan misterius. Di Google Map, pulau itu masih tercatat. Tahun 2010, juga masih ada sebuah video yang memperlihatkan orang-orang bepergian mengunjunginya.


Namun saat segenap peneliti dari University of Sidney mendatanginya, yang tersisa hanya lautan lepas. Karena itulah ia kemudian dikenal dengan pulau hantu. Tak jelas fenomena alam apa yang menyebabkannya raib.


Benua Lemuria


Dulu, ada sebuah benua yang besarnya melebihi Australia. Lemuria namanya. Namun, ia mendadak dinyatakan hilang, tenggelam ditelan Lautan Pasifik. Muncul dugaan, Lemuria tenggelam karena gempa bumi hebat sekitar 12 ribu tahun lalu.


Daerah yang sekarang dikenal sebagai Kepulauan Hawaii, dulu merupakan ibu kotanya. Tak heran, saat Lemuria tenggelam, masyarakatnya yang berperawakan besar dan bisa telepati menyebar ke beberapa daerah: Hawaii, Pulau Paskah, dan Kepulauajn Fuji. (eh)