Kejutan Unik dalam Sepotong Kue




Salah satu kreasi kue buatan Amanda Rettke. (iambaker.net)




Salah satu kreasi kue buatan Amanda Rettke. (iambaker.net)



VIVAlife - Menyelipkan kejutan ke dalam sebuah kue menjadi keahlian Amanda Rettke, seorang ibu lima anak asal Minnesota, Amerika Serikat. Sebab, Amanda mampu membuat kue yang bila dipotong sedemikian rupa dapat menampilkan efek visual yang sangat unik.

Dalam buku terbaru karangannya, Surprise-Inside Cakes, Amanda pun berbagi mengenai cara membuat kue mulai dari teknik pemotongan hingga pewarnaan dengan tepat.


Salah satu karyanya adalah kue layer yang jika dipotong akan menampilkan wajah kelinci, lengkap dengan telinga panjangnya.


Dalam membuat kue penuh kejutan ini, Amanda menggunakan satu dari dua teknik yaitu dekonstruksi dan metode memanggang dua kali. Teknik dekonstruksi merupakan teknik yang mampu memberikan efek visual tiga dimensi di bagian tengah kue.


Cara ini dapat dilakukan dengan memahat bagian dalam kue sedemikian rupa kemudian diisi dengan adonan kue. Nantinya, saat kue dipanggang, motif yang akan muncul sesuai pahatan.


"Metode memanggang dua kali maksudnya membuat beberapa kue berbeda yang nantinya dibentuk menggunakan cetakan. Kemudian, kue yang sudah dicetak dimasukkan ke adonan kue dan dipanggang," ujar Amanda seperti dilansir laman Daily Mail.


Amanda pertama kali hadir ke publik saat merilis sebuah blog makanan bernama I Am Baker, yang menampilkan karya kue kejutannya pada 2010 lalu.


Seiring waktu Amanda semakin dikenal karena keunikannya. Hingga saat ini, tercatat sebanyak lebih dari 11 ribu pelanggan mengikuti blognya. (asp)