Mengungkapkan Rasa Lewat Dinding Cinta




Turis melihat dinding cinta di Paris. (Flickr/Lea Sc)




Turis melihat dinding cinta di Paris. (Flickr/Lea Sc)



VIVAlife - Paris bukan hanya kota mode. Ia juga menyimpan sejuta cinta. Di salah satu sudutnya, terpampang sebuah karya seni yang dikenal sebagai “The Wall of I Love You”.

Tak berlebihan jika menyebut karya itu sebagai “dinding cinta”. Terletak di tengah Taman Abbesses, Montmartre, Paris, itu berdiri layaknya dinding biasa. Ukurannya 8x5 meter. Penampangnya berupa 612 batu lava hitam.


Yang menarik, dinding itu dipenuhi kata-kata romantis bertinta putih. Mengutip Amusing Planet, terdapat 300 bahasa yang tertuang di sana. Semua memiliki satu makna: aku cinta kamu.


Merunut sejarah, dinding itu dibangun dua seniman Prancis, Frederic Baron dan Claire Jito, pada tahun 1936. Baron ingin membuat sebuah tanda cinta di Paris, yang bisa menjadi monumen bagi kisah cinta banyak orang.


Ia akhirnya mengumpulkan 300 kalimat “aku cinta kamu” dari berbagai bahasa di dunia. Lantas, dimintanya Jito yang merupakan seniman kaligrafi, untuk menuliskan semua kalimat itu di dinding cinta.


Kini, bahasa yang termaktub di dinding itu bertambah. Mengutip Atlas Obscura, terdapat 311 bahasa cinta tertuang di sana, termasuk 192 bahasa resmi yang terdaftar di PBB.


Kelamaan, dinding cinta di Paris pun menjadi salah satu destinasi wajib bagi pasangan kasmaran atau sedang mencari cinta. Tak perlu lagi berkata-kata, karena dinding itu sudah mengungkap rasa untuk orang tercinta. (one)