Februari, Waktu Tepat Berburu Tiket Murah




Ilustrasi berwisata menggunakan pesawat terbang. (LAX)




Ilustrasi berwisata menggunakan pesawat terbang. (LAX)



VIVAlife - Liburan tahun baru memang baru saja berlalu, tetapi bukan berarti Anda harus menunda rencana liburan selanjutnya. Bagi Anda yang hobi traveling, persiapkan budget karena bulan Februari adalah waktu tepat untuk berburu tiket murah menurut sebuah survei yang dilakukan sebuah situs perjalanan global, Skyscanner.

Dalam rilis yang diterima VIVAlife, bulan depan ternyata adalah waktu yang tepat bagi traveler Indonesia menyiapkan koper dan bersiap menuju tempat liburan impian mereka.


Panduan online terbaru dari Skyscanner “Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat” (Best Time To Book) menunjukkan bahwa Februari adalah bulan terbaik untuk mendapatkan penawaran perjalanan udara paling menarik, sementara bulan Agustus adalah waktu yang paling mahal untuk membeli tiket pesawat.


Untuk itu, sebaiknya mulai dari sekarang Anda mempertimbangkan destinasi wisata selanjutnya agar dapat segera memesan tiket sehingga menghemat biaya sebanyak mungkin. Menurut survei, dengan memesan tiket pesawat 20 minggu sebelumnya, para pelancong dapat menghemat sampai dengan 21 persen dari harga aslinya.


Di antara seluruh penerbangan yang ditawarkan, Hong Kong merupakan salah satu destinasi yang paling murah. Anda bisa menghemat hingga 45 persen harga asli.


Selain itu, masih menurut panduan online tadi, traveler Indonesia dapat menemukan penerbangan paling murah untuk destinasi impian mereka jika memesan tiket pada waktu yang tepat.


Data-data yang dikumpulkan dari berbagai maskapai penerbangan, pelancong Indonesia dapat menghemat sekitar 20 persen untuk tiket penerbangan ke Belanda jika memesan tiket kurang lebih 17 minggu sebelumnya dan 25 persen lebih hemat ke Amerika Serikat jika pemesanan sekitar 16 minggu sebelumnya.


Sedangkan untuk tiket ke Inggris, Anda dapat menghemat sebesar 28 persen apabila memesan tiket 19 minggu sebelumnya. Begitu juga dengan Australia dengan harga tiket yang hemat 19 persen jika pemesanan dilakukan 7 minggu sebelumnya.


"Ada baiknya sebelum membeli tiket, Anda mengetahui daftar harga tiket pesawat termurah baik untuk pergi ke destinasi populer di musim liburan atau sekedar melakukan perjalanan singkat yang dadakan," ucap Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati.


Menurut prediksi Skyscanner untuk tahun 2014, dari data yang diperoleh melalui lebih dari 60 juta pencarian penerbangan dalam satu bulan, Hong Kong menjadi kota tujuan internasional nomor satu bagi orang Indonesia, sedangkan Paris dan Jeddah adalah yang kedua dan ketiga. Di tahun 2013, orang Indonesia memilih Australia, Thailand dan Singapura sebagai destinasi paling populer. (eh)