Ragam Soto Lezat dari Jawa Timur




Soto menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang jadi favorit masyarakat. (Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)




Soto menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang jadi favorit masyarakat. (Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)



VIVAlife - Indonesia memiliki jenis kuliner yang jumlahnya tak terhingga. Setiap provinsi dan daerah memiliki jenis kuliner khasnya masing-masing.


Bahkan, satu jenis hidangan saja memiliki berbagai versi yang berbeda di tiap provinsi, soto misalnya. Ada soto Betawi, soto Makassar, soto Padang, dan sebagainya. Terkadang, di satu provinsi saja jenis hidangan soto khasnya beragam. Seperti di Jawa Timur yang memiliki begitu banyak variasi hidangan soto. Mau tahu apa saja?


Soto Lamongan


Soto yang dikenal berasal dari daerah Lamongan ini merupakan soto kuah bening yang dilengkapi daging ayam rebus suwir, potongan kol, telur, dan bihun di dalamnya. Keunikan dari soto ini adalah taburan gurih berwarna kuning yang ditaburkan di atas soto tersebut. Taburan kuning ini sebenarnya adalah kerupuk udang yang dihaluskan dan dicampurkan dengan udang kering halus.


Soto Sulung


Soto dengan isian jeroan tanpa sayur ini memiliki kuah bening. Uniknya soto ini disajikan dengan nasi kucing atau nasi bungkus. Pembeli dapat mengambil nasi bungkus yang disediakan jika ingin menyantap soto tersebut dengan nasi.


Rujak Soto Banyuwangi


Sesuai namanya, sajian ini memadukan rujak dengan kuah soto. Rujak yang digunakan adalah rujak cingur yang merupakan salah satu sajian khas Jawa Timur. Hidangan ini cukup unik, rujak cingur yang terdiri dari berbagai potongan sayur, cingur dan saus petis ini disiram dengan kuah soto dan ditambahkan daging.


Soto Gebrak


Soto ini akan membuat kaget pelanggannya karena si penjual akan menggebrak mejanya dengan botol kecap setelah menuangkannya ke soto. Isian soto ini tidak berbeda dengan soto khas Jawa Timur lainnya dan biasa disajikan dengan pilihan hidangan pelengkap seperti sate usus, sate telur, sate empal, telur asin, dan perkedel.


Soto Ambengan


Soto ini menggunakan kunir sehingga kuah yang dimiliki berwarna kuning pekat. Isian soto mirip dengan soto lain di Jawa Timur dan disajikan dengan taburan koya yang merupakan bubuk dari parutan kelapa, kerupuk udang tumbuk dan bawang putih.


Soto Madura


Soto yang berasal dari daerah Madura ini berisi daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge. Sebenarnya soto ini banyak mengalami variasi isian tergantung daerahnya.


Soto Kediri


Sajian khas kota Kediri tersebut cukup berbeda dengan soto lain di Jawa Timur, karena menggunakan kuah santan. Dengan suwiran daging ayam, soto kediri dapat dinikmati dengan hidangan pelengkap berupa sate telur atau perkedel. (asp)