Plesir ke Limboto, Merangkum Keindahan Gorontalo




Danau Limboto. (Indonesian Tourism)




Danau Limboto. (Indonesian Tourism)



VIVAlife - Walaupun Gorontalo provinsi muda, namun bukan berarti tak ada pesona di dalamnya. Letak wilayah ini di sebelah utara Pulau Sulawesi, diapit oleh birunya Laut Sulawesi dan Teluk Tomini.

Ketika singgah di Gorontalo, ada sebuah titik wisata yang tak boleh terlewatkan. Bukan pantai ataupun air terjun, melainkan danau cantik di daerah Limboto. Jernihnya air danau dihiasi daun-daun eceng gondok di sebagian permukaan.


Ini adalah tempat sempurna menanti matahari terbit dan melepas senja. Warna kuning jingga yang terpendar dari matahari akan terpantul ke permukaan air, mempercantik Danau Limboto.


Senyum ramah warga sekitar pun menghangatkan suasana, mengiringi perjalanan menyusuri Danau Limboto. Perahu-perahu nelayan dapat disewa untuk berkeliling. Atau bagi Anda yang hobi memancing, tak salah jika menghabiskan waktu di danau ini, banyak ikan tawar yang bisa didapatkan.


Air Danau Limboto yang tenang ini mengalir ke lima sungai besar; Sungai Bone Sungai Bolango, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Molalahu.


Dahulu kedalaman Danau Limboto mencapai 27 meter. Tapi sayang, kian hari makin menyusut, hingga saat ini diperkirakan tinggal 3-7 meter saja karena kegiatan pertanian membabat isi danau yang tidak mengindahkan konservasi tanah dan pembukaan hutan. (eh)