Waspada, Ponsel Bisa Sebabkan Kulit Keriput




Ilustrasi kulit keriput pada wanita. (istockphoto)




Ilustrasi kulit keriput pada wanita. (istockphoto)



VIVAlife - Ponsel memang membantu manusia, tetapi juga berbahaya. Tak hanya berdampak negatif pada kesehatan, penuaan juga jadi masalah. Menurut studi, sering memakai ponsel membuat cepat tua.

Penuaan tidak berhubungan dengan radiasi yang selama ini ditakutkan banyak kalangan. Masalah itu justru dipicu postur tubuh yang berubah. Menurut Dr Kiran Lohia, Medical Director of Lumiere Dermatology, pengguna ponsel bisa menunduk sampai berjam-jam.


Akibatnya, otot leher menjadi pendek. Itu juga memengaruhi tarikan gravitasi pada kulit. Alhasil, kulit menjadi kendur. Penampilan akan tampak jauh lebih tua dibanding usia sebenarnya.


Pernyataan itu juga diperkuat dokter lainnya, yang mengatakan bahwa terlalu sering menggunakan gadget dapat membawa tanda-tanda awal penuaan. Gurat pada wajah, keriput, dan kulit mengendur.


Selain memengaruhi postur tubuh, penggunaan ponsel dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan alergi kulit. Sebab, ada nikel dan kobalt pada ponsel, yang dapat menyebabkan dermatitis.


Dua bahan itu juga memicu rasa gatal dan ruam pada kulit.


Untuk mengatasinya, para ahli menyarankan menggunakan hand free. Sehingga, kulit tidak bersentuhan dengan ponsel secara berlama-lama. Postur tubuh juga perlu dijaga dengan olahraga.


Sumber: Aut Hint Mail