Sepeda, Kendaraan Pemicu Bahagia




Ilustrasi olahraga sepeda. (REUTERS/David W Cerny)




Ilustrasi olahraga sepeda. (REUTERS/David W Cerny)



VIVAlife - Lupakan stres dan penat akibat mengendarai mobil atau motor. Kini, ada kendaraan yang bisa membuat bahagia. Studi terbaru menyebut, mengendarai sepeda bisa meningkatkan kebahagiaan.

Itu disimpulkan setelah peneliti melihat berbagai emosi yang datang dan hilang selama bepergian.


“Kami menemukan, orang-orang mendapat suasana hati terbaik saat bersepeda, dibandingkan berkendara yang lain,” kata Eric Morris, Asisten Profesor Departemen Perencanaan, Pengembangan, dan Pelestarian di Clemsin University.


Bersepeda membuat orang--baik sendiri maupun berkelompok--menjadi lebih antusias dan bersemangat. “Sepeda umumnya membuat lebih muda dan sehat secara fisik,” ujar Morris.


Muda dan sehat itulah yang bisa meningkatkan kebahagiaan.


Selain bersepeda, rasa bahagia juga muncul saat seseorang mengendarai mobil. Sedang pengendara bus dan kereta, memiliki emosi paling negatif dari sekian moda transportasi yang ada.


“Memahami hubungan antara perjalanan dan perasaan, dapat meningkatkan wawasan bagaimana meningkatkan layanan transportasi yang ada, memprioritaskan investasi, biaya, dan manfaat perjalanan,” kata Morris, seperti dikutip dari Times of India.(ms)