Studi: Ponsel Pintar Membuat Tubuh Melar




Ilustrasi wanita memainkan ponsel. (iStock)




Ilustrasi wanita memainkan ponsel. (iStock)



VIVAlife - Tak bisa lepas dari ponsel pintar atau komputer jinjing? Pantas jika bobot tubuh Anda naik. Studi menemukan, gadget merupakan penyebab kenaikan berat badan. Bagaimana bisa?

Mengutip Daily Mail, ponsel pintar memaparkan sinar biru yang bisa membuat Anda kelaparan. Rasa lapar itu bertahan beberapa jam, bahkan Anda akan tetap lapar meski sudah makan.


Menurut studi di Amerika Serikat, hanya perlu waktu 15 menit bagi sinar biru yang dipaparkan gadget untuk membuat penggunanya lapar. Dua jam setelah makan, efek itu masih bertahan.


Tak hanya itu, sinar biru yang sama juga menurunkan kantuk. Tak heran ponsel menyebabkan insomnia.


“Tiga jam saja terpapar sinar biru, berdampak akut pada kelaparan dan metabolisme glukosa,” kata Ivy Cheung dalam Daily Mail, penulis penelitian yang berasal dari Northwestern University di Chicago.


Hasil itu didapat setelah meneliti 10 orang dewasa di Amerika. Mereka punya waktu tidur yang cukup dan jadwal makan teratur. Tingkat karbohidrat yang ada dalam makanan mereka pun disamakan.


Mereka menjalani percobaan dengan cahaya redup selama empat hari. Paparan cahaya berkekuatan 20 lux dilakukan selama 16 jam sehari. Selama 8 jam tidur, paparan sinarnya tiga lux.


Di hari ketiga, mereka dipapar sinar biru dengan kekuatan 260 lux selama tiga jam. Hasilnya, sinar biru lebih membuat nafsu makan meningkat dan waktu tidur berkurang. (ms)