Penerbangan Jakarta-Bali Paling Banyak Diminati Saat Libur Lebaran




Liburan (ANTARA/Joko Sulistyo )




Liburan (ANTARA/Joko Sulistyo )




VIVAlife - Libur Lebaran merupakan libur panjang yang paling ditunggu tidak hanya oleh umat yang merayakannya tetapi juga oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Biasanya setiap perusaan memberikan jatah libur lebaran selama seminggu sebelum atau sesudah Hari Raya Idul Fitri kepada karyawannya.

Nah, banyak orang yang memilih untuk menghabiskan libur Lebaran tersebut untuk mudik atau sekedar berjalan-jalan ke luar kota bersama keluarga.


Berdasarkan data terbaru dari Skyscanner, situs pencarian perjalanan global, pencarian penerbangan domestik untuk libur Lebaran di situs web Skyscanner telah mengalami peningkatan lebih dari 100% per bulannya. Menurut rilis yang diterima VIVAlife, Senin, 2 Juni, peningkatan terjadi sejak bulan Februari 2014, terutama untuk tujuan mudik ke kota-kota utama seperti Surabaya, Medan dan Yogyakarta.


Menurut data Kementerian Perhubungan, sebanyak 27,9 juta orang diperkirakan akan melakukan mudik Lebaran tahun ini. Mengingat tiket kereta api sudah habis terjual, disarankan untuk segera mempertimbangkan pilihan moda transportasi alternatif.


“Sebagai pilihan alternatif selain kereta api, mudik dengan pesawat adalah cara yang efisien. Tidak hanya lebih cepat, harganya juga terjangkau. Ini hanya masalah bagaimana menemukan penawaran terbaik," kata Tika Larasati, Skyscanner Marketing Manager Indonesia.


Lalu rute penerbangan domestik yang paling populer tujuh hari sebelum dan sesudah lebaran adalah rute Jakarta-Bali dan sebaliknya. Jadi, untuk mereka yang berencana untuk liburan ke Bali selama libur lebaran dianjurkan untuk segera mempertimbangkan pilihan-pilihan penerbangan.


Sementara itu, lima kota keberangkatan paling populer di Indonesia berdasarkan data pencarian tiket pesawat di situs Skyscanner Indonesia selama periode mudik adalah Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Denpasar dan Medan.


Sedangkan lima kota tujuan penerbangan domestik yang paling banyak dicari sejak April 2014 adalah Surabaya, Jakarta, Denpasar, Yogyakarta dan Medan. (ren)