Diciptakan, Rompi dengan Sensasi Dingin




Rompi pendingin buatan Badan Antariksa Jepang. (Jaxa)




Rompi pendingin buatan Badan Antariksa Jepang. (Jaxa)



VIVAlife - Udara panas Jakarta membuat Anda gerah? Coba rompi buatan Badan Antariksa Jepang ini. Rompi didesain dengan teknologi khusus yang membuat pemakainya terus merasa dingin.

Mengutip Daily Mail, rompi itu menggunakan jaringan pipa dan pompa untuk mengedarkan cairan pendingin ke seluruh tubuh, pada suhu empat derajat celsius. Seliter air, dapat mendinginkan selama 30 menit.


Tak hanya itu, rompi juga bisa menyerap dan menguapkan keringat. Jangan bayangkan, rompi canggih itu berbentuk aneh. Desainnya tetap gaya untuk digunakan sehari-hari. Rompi juga dapat dicuci.


Mulanya, rompi itu diciptakan untuk melindungi tubuh astronot dari udara panas di bulan. Namun, kini rompi juga bisa digunakan sebagai penanganan medis untuk pasien kelainan kelenjar keringat.


Anak-anak dengan masalah kelenjar yang tidak dapat mengatur suhu tubuh, bisa menggunakan rompi itu di siang hari. Dengan begitu, mereka bebas bermain. Rencananya, rompi akan diproduksi massal.


Namun, masyarakat dunia baru bisa menikmati rompi itu setidaknya akhir tahun ini. Untuk pertama, baru akan ada seribu rompi yang dipasarkan. Jika tertarik, siapkan kocek US$590 atau Rp6,9 juta. (asp)