Hari Terakhir, Jakcloth 2014 Diserbu Pengunjung




Suasana di pintu masuk Jakcloth, 31 Mei 2014. (VIVAlife/Shalli Syartiqa)




Suasana di pintu masuk Jakcloth, 31 Mei 2014. (VIVAlife/Shalli Syartiqa)



VIVAlife - Kesempatan berburu busana di Jakarta Clothing (Jakcloth) 2014 tinggal sebentar lagi. Minggu, 1 Juni 2014 merupakan hari terakhir bazar tahunan yang digelar di Parkir Timur Senayan itu.

Sejak pagi, anak-anak muda memadati area Jakcloth 2014. Menjelang malam, pengunjung makin membludak. Maklum, berbagai busana mulai atasan, bawahan, topi, hingga sepatu dan tas tersedia.


Harganya pun cukup ramah di kantong. Busana atasan, dihargai Rp50 ribu hingga Rp200 ribu. Beberapa stan menggelar promo yang lebih murah: Rp100 ribu mendapat tiga potong busana.


Terhitung, setidaknya 360 merek busana lokal memeriahkan acara yang digelar sejak 28 Mei lalu itu. Salah satunya milik gitaris band Padi, Piyu. Ia memamerkan koleksi busana yang dilabeli “NuShock”.


“Ini sudah tahun kedua saya ikut Jakcloth. Tahun kemarin saya sengaja buat stage untuk mempromosikan brand saya. Dan tahun ini benar-benar murni untuk jualan,” kata Piyu di stannya.


Selain Piyu, aktris cantik Eriska juga mencoba keberuntungannya dengan menjual busana khusus wanita yang beberapa tahun terakhir digelutinya. Bintang film Cinta Brontosaurus itu mengawali bisnis dengan berjualan online bersama satu sahabatnya.


“Aku ikut Jakcloth baru pertama kali. Tapi aku sudah bisnis clothing sejak dua tahun belakangan. Awalnya iseng-iseng, itu pun jualannya lewat online,” cerita Eriska pada VIVAlife.


Salah satu merek lokal asal Bandung, ZHEV mengaku sudah tiga tahun bergabung di Jakcloth. Sony, pemilik ZHEV menuturkan, acara itu dapat mempersatukan jiwa kreativitas generasi muda.


“Ini ajang perkumpulan clothing Indonesia yang bisa nyatuin kita,” katanya. Ia berharap, Jakcloth dapat membawa produksi dalam negeri ke kancah internasional. Terbukti, setelah tiga tahun mejeng di Jakcloth ZHEV dapat kesempatan membuka cabang di Australia.


Selain NuShock dan ZHEV, masih banyak merek lokal lain yang bersaing untuk eksis di Jakcloth 2014. Acara itu juga dimeriahkan musik pendukung yang terbagi dalam lima panggung besar.


Nama Endah n Rhesa, Hivi, Sheila On 7, Payung Teduh, sudah berkesempatan tampil. Hari ini, ajang yang sudah digelar lima kali itu menampilkan Maliq & d’essentials, Club 80’s, dan musisi lain yang tak kalah seru. (ita)