Sensasi Berenang di Kolam Legendaris




Piscine Molitor, Kolam Renang Legendaris kembali dibuka setelah terabaikan selama 25 tahun. (Piscine Molitor)




Piscine Molitor, Kolam Renang Legendaris kembali dibuka setelah terabaikan selama 25 tahun. (Piscine Molitor)



VIVAlife – Ingatkah Anda dengan film Life of Pi? Nama sang tokoh utama, Piscine Molitor Patel, yang disingkat Pi, terinspirasi dari sebuah kolam renang legendaris di Paris, Piscine Molitor.

Di masa kejayaannya, kolam tersebut merupakan simbol status. Para sosialita dan crème de la crème di Prancis akan berkunjung ke Piscine Molitor di musim panas, memamerkan kekayaan juga menghadiri pesta-pesta terbaik.


Piscine Molitor, Kolam Renang Legendaris

Tidak lagi digunakan, Piscine Molitor berubah menjadi kanvas bagi seniman jalanan Paris. | FOTO: Piscine Molitor


Namun seiring berjalannya waktu, pamor Piscine Molitor pun meredup. Keglamorannya memudar, tergerus waktu. Kolam renang cantik yang pernah menjadi pusat gaya hidup itupun ditinggalkan melapuk berasama lumut dan ilalang.


Beruntung Yann Martel, sang penulis novel Life of Pi, mengangkat kejayaan Piscine Molitor ke dalam cerita fantasi yang kemudian diterjemahkan ke layar lebar oleh sutradara Ang Lee, lengkap dengan nafas art deco yang membuatnya begitu terkenal.


Berkat itu, kolam renang yang terabaikan selama 25 tahun tersebut akan kembali dibuka dengan kucuran dana renovasi sebesar 65 juta poundsterling atau setara Rp1,2 triliun.


Piscine Molitor yang terletak di distrik ke-16 di Paris, resmi dibuka pada 1929 oleh juara olimpiade Johnny Weissmuller, yang sekaligus merupakan aktor pertama film Tarzan. Di masa tersebut, Piscine Molitor adalah venue utama untuk beragam peragaan busana juga pesta yang dihadiri selebriti dan pesohor.


Sayangnya, pada 1989, Piscine Molitor mulai ditinggalkan. Bangunan bergaya art deco tersebut lama-kelamaan tergerus waktu. Dindingnya yang semula putih menjadi kanvas kreativitas bagi para senman jalanan Paris yang kemudian memenuhinya dengan grafiti.


Piscine Molitor, Kolam Renang Legendaris

Peninggalan grafiti para seniman jalanan tetap dipertahankan sebagai dekorasi ruangan. | FOTO: Piscine Molitor.


Melihat bangunan yang terabaikan tersebut, pengembang Colony Capital merasa terpanggil. Bekerjasama dengan pemerintah Prancis mereka merencanakan proyek renovasi besar-besaran.


Kini, Piscine Molitor kembali dibuka. Tidak semata-mata kolam renang, Piscine Molitor adalah sebuah komplek besar termasuk hotel dengan 124 kamar seharga Rp3,5 juta per malam, yang dilengkapi fasilitas gym dan spa.


Jika ingin menikmati seluruh fasilitas mewah di Piscine Molitor bisa mendaftar keanggotaan dengan biaya Rp46,5 juta per tahun atau dengan merogoh kocek sebesar Rp2,8 juta untuk menikmati seluruh fasilitas selama satu hari.


Sumber: Daily Mail