Pria Berbobot 557 Kilogram Meninggal Dunia




Manuel Uribe, pria tergemuk dunia tahun 2006. (www.blindloop.com)




Manuel Uribe, pria tergemuk dunia tahun 2006. (www.blindloop.com)



VIVAlife - Pria tergemuk di dunia, Manuel Uribe meninggal dunia, Senin 26 Mei 2014. Pria asal Meksiko itu mengembuskan napas terakhir pada usia 48 tahun. Kematian Uribe dikabarkan langsung oleh Rumah Sakit Nuevo Leon di Monterrey, Meksiko.

Sebuah sumber yang tidak ingin disebutkan namanya menyebutkan, Uribe sudah dirawat sejak 2 Mei lalu. Ia mengalami gangguan denyut jantung. Selain itu, Uribe juga menderita gangguan fungsi hati.


Setelah hampir sebulan dirawat, Uribe meninggal. Namun, hingga saat ini tim dokter belum bisa menyebutkan penyebab pasti kematian Uribe. Yang jelas, dua gangguan tubuh itu bisa berdampak fatal.


Sedikit membahas Uribe, ia tercatat dalam Guinness World Record sebagai pria tergemuk dengan berat badan 557 kilogram. Rekor itu dipecahkan pada tahun 2006. Dua tahun kemudian, ia menikah.


Mengutip Daily Mail, Uribe menikahi Claudia Solis saat berat badannya turun menjadi 127 kilogram. “Saya akhirnya memiliki istri dan kami akan menjadi keluarga yang bahagia selamanya,” ungkapnya.


Namun, semakin lama berat badan Uribe kembali bertambah. Seiring itu, pernikahannya pun semakin masalah. “Dia (Claudia) meminta cerai. Saya sangat depresi saat itu,” ujar Uribe menuturkan.


Setelah bercerai, Uribe berusaha menurunkan berat badannya dengan beragam cara. Diet, olahraga, dan pengobatan medis ia coba. Uribe pun berhasil menurunkan lebih dari 250 kilogram.


Di tahun 2007, saat diwawancarai ABC News Uribe berkata: ”Saya telah mengalami obesitas selama bertahun-tahun. Padahal saya ingin makan dengan normal seperti orang Meksiko pada umumnya,”.


Uribe sendiri memang dilahirkan dengan kecenderungan menjadi obesitas. Sejak 1992, beratnya terus bertambah. Padahal ia ingin bisa menjalani hidup layaknya orang normal yang bisa makan apa saja.


“Saya ingin makan kacang, nasi, tortilla jagung, kentang goreng, hamburger, pizza, apapun yang biasanya orang lain makan. Saya bekerja sebagai teknisi, memperbaiki mesin ketik, komputer, dan barang elektronik lainnya. Saya berusaha menjalani hidup seperti yang lain,” ia pernah menuturkan.


Namun, pada 2002 berat badannya terus membesar. Sampai-sampai, Uribe hanya bisa menghabiskan waktu di atas tempat tidur. Saat menikah dengan Claudia pun, Uribe melakukannya di atas ranjang.