Melancong ke Thailand di Tengah Krisis, Perhatikan 6 Poin Ini




Militer berjaga-jaga di sepanjang jalanan Thailand usai mengumumkan kudeta. (REUTERS/Damir Sagolj)




Militer berjaga-jaga di sepanjang jalanan Thailand usai mengumumkan kudeta. (REUTERS/Damir Sagolj)



VIVAlife - Thailand sedang menjadi negara yang paling dihindari. Kondisi politik di negara itu tengah porak-poranda. Pemerintahan dikudeta oleh militer. Sejumlah politisi ditahan, senat dibubarkan.


Meski begitu, pesona alam Thailand tetap menanti untuk dieksplorasi. Pantai Phuket, Chiang Mai, dan daerah-daerah lain masih menarik dikunjungi. Asal, negara tidak memberi travel warning ke Thailand.


Pelancong juga harus mengetahui beberapa poin penting sebelum berkunjung ke Bangkok. Mengutip laman CNN, berikut fakta-fakta penting agar Anda tetap aman selama kudeta militer di Thailand.


Jam malam


Usai diduduki militer, jam malam nasional diterapkan di Thailand. Sementara ini, masyarakat hanya boleh berada di luar rumah dari pukul 10 pagi hingga 5 sore. Pastikan tidak berkeliaran selain jam itu.


Transportasi


Beruntung, transportasi dari dan ke Thailand tidak diisolasi total. Selama masih berada dalam jam yang diizinkan, penerbangan pesawat masih diperbolehkan. Bandara juga masih beroperasi sesuai jadwal.


Tak hanya itu, transportasi di dalam kota juga masih beroperasi. Kereta, bus kota, maupun feri bisa digunakan. Namun sekali lagi, semuanya disesuaikan dengan jam malam.


Paspor


Penting untuk membawa paspor ke manapun Anda pergi. Itu bisa menjadi tanda pengenal jika nanti Anda ditanya militer yang berjaga-jaga di sepanjang jalan.


Destinasi wisata


Jika ingin aman, sebaiknya tidak berwisata di dalam kota Bangkok. Pilih destinasi wisata lain seperti Phuket atau Chiang Mai. Seluruhnya masih terbuka, tapi ingat jangan sampai melewati jam malam.


Media dan internet


Televisi hanya akan menampilkan siaran yang diperbolehkan militer. Kabarnya, militer juga memantau internet. Namun, mereka hanya akan memblokir konten yang mengancam keamanan nasional.


Beberapa situs populer seperti YouTube, Twitter, atau Facebook masih beroperasi normal. Twitter meruopakan cara terbaik memantau kondisi Thailand terkini. Beberapa media Inggris menggunakannya.


Travel warning


Yang terpenting, perhatikan apakah negara asal Anda memberikan travel warning untuk ke Thailand. Sebab, itu memengaruhi asuransi perjalanan. Jangan sampai nekat dan negara tak bertanggung jawab.


Beberapa negara telah mengimbau warganya untuk berhati-hati dan mengurungkan niat perjalanan ke Thailand yang tujuannya tidak terlalu penting. Kalaupun terpaksa ke sana, ingat poin-poin di atas. (ren)