Mereguk Manis Leci Seharga Puluhan Juta Rupiah




Ilustrasi buah leci (iStock)




Ilustrasi buah leci (iStock)



VIVAlife - Manis leci lebih banyak dijumpai dalam bentuk buah kalengan. Lazimnya, itu digunakan sebagai campuran es buah. Harga jualnya cukup tinggi lantaran jarang ditemukan bentuk segarnya.

Di Tiongkok, leci menjadi buah termahal yang pernah ada. Lebih dari leci biasa, kali ini buah berkulit merah itu dijual lebih dari 40 ribu Yuan, atau hampir mencapai Rp75 juta. Bagaimana bisa?


Mengutip laman GB Times, 36 leci yang dijual mahal itu diambil dari pohon langka di Tiongkok. Lantas, seluruhnya dilelang secara online. Harga diawali di nominal puluhan ribu Yuan.


Meski terbilang tidak masuk akal untuk ukuran leci, harga itu dirasa pantas. Sebab, buah lecinya tidak sembarangan. Ia mengandung nilai sejarah yang berharga. Lagipula, ini pertama kalinya ia dijual online.


Southern Metropolis Daily menyebut, leci tumbuh dari pohon yang sudah berusia 1.300 tahun di Gaozhou, Provinsi Guangdong. Menurut legenda, Kaisar Xuanzhong yang hidup tahun 685 hingga 722 Masehi bersama selirnya, Yang Yuhan suka menikmati buah leci dari pohon itu.


Tidak dijelaskan apakah ada perbedaan rasa antara leci istimewa itu dengan buah biasa. Yang jelas, siapapun yang membelinya bukan hanya ingin mereguk cita rasa manis, melainkan riwayat yang berharga. (umi)