Pernikahan Mempengaruhi Kesehatan Jantung, Seberapa Penting?




Ilustrasi serangan jantung (iStock)




Ilustrasi serangan jantung (iStock)





VIVAlife - Pernikahan memiliki dampak positif untuk kesehatan yaitu menjaga kesehatan jantung, menurut sebuah penelitian. Seberapa pengaruhnya kesehatan jantung dengan urusan cinta?


Penelitian dilakukan pada 3,5 juta orang Amerika yang sudah menikah, menunjukkan jika mereka cenderung memiliki risiko lima persen lebih rendah untuk menderita penyakit jantung atau penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dibandingkan dengan mereka yang telah bercerai atau berstatus single.



Sedangkan untuk mereka yang memilih untuk hidup janda atau duda mereka memiliki risiko tiga kali lebih besar serangan jantung, dan untuk mereka yang mengalami perceraian memiliki risiko lima persen lebih besar terhadap serangan jantung


"Pria biasanya tidak terlalu peduli dengan kondisi kesehatan mereka. Namun pernikahan dapat membantu mereka untuk lebih perhatian terhadap kesehatan. Terlebih lagi ada pasangan yang membantu mereka untuk selalu menjaga kesehatan," jelas Dr Jeffrey Berger, ahli kesehatan di NYU Langone, dilansir dari Womenhealthmag.


Ia juga mengatakan, pasangan hidup mampu mendorong seseorang untuk menjaga kesehatan. Sebab mereka mempunyai satu alasan lagi untuk tetap sehat yaitu selalu ingin bersama orang yang Anda sayangi lebih lama lagi.