Kini Ibu Bisa Dengar Detak Jantung Janin dengan Smartphone




Ibu hamil bisa mendengar detak jantung bayi di dalam kandungan dengan smartphone. (iStock)




Ibu hamil bisa mendengar detak jantung bayi di dalam kandungan dengan smartphone. (iStock)



VIVAlife - Sebuah perangkat canggih diciptakan bagi para ibu hamil. Kini, ibu hamil bisa memantau kondisi calon bayi di dalam kandungan dengan menggunakan aplikasi bernama Bellabeat.

Aplikasi yang bisa diunduh di iTunes store dan dan Google Play store ini memungkinkan ibu hamil mendengar detak jantung janin yang sedang berkembang, memantau seberapa sering janin bergerak, dan mengukur berat badan sang ibu.


Namun tidak seperti aplikasi lainnya, Bellabeat memiliki tambahan alat berupa Doppler ultrasound genggam yang bisa terhubung dengan smartphone. Fitur ini bisa digunakan untuk merekam detak jantung janin. Kelebihan dari Bellabeat dari perangkat lainnnya adalah ibu bisa berbagi rekaman detak jantung janin di situs jejaring sosial.


Meski demikian memiliki beberapa kekurangan. Harga Bellabeat misalnya, dua kali lebih mahal ketimbang Doppler monitor berukuran saku. Selain itu salah seorang pengguna mengaku bahwa kualitas suara Bellabeat lebih rendah ketimbang Doppler ultrasound yang berada di rumah sakit. (adi)


Sumber: Livescience