Pulau Komodo Jadi Rekomendasi Wisata Dunia




Sejak resmi menyandang predikat Tujuh Keajaiban Dunia dari UNESCO, Taman Nasional Komodo jadi destinasi favorit turis seluruh dunia. (VIVAnews/Santi Dewi)




Sejak resmi menyandang predikat Tujuh Keajaiban Dunia dari UNESCO, Taman Nasional Komodo jadi destinasi favorit turis seluruh dunia. (VIVAnews/Santi Dewi)



VIVAlife - Menginjak awal tahun, segenap rencana sudah dicanangkan untuk mengisi liburan di bulan-bulan berikutnya. Entah itu wisata olahraga, berpetualang kuliner, menilik pantai eksotis ataupun mendalami budaya.


Di sela agenda kerja yang padat, sebaiknya rehatkan diri sejenak berpetualang di negeri orang. Berikut ini adalah 12 referensi liburan di masing-masing bulan, Januari hingga Desember menawarkan kegiatan yang variatif di berbagai tempat seperti dilansir laman CNN. Salah satunya Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.


Januari - Menikmati salju


Januari segera berakhir, bagi yang masih punya waktu, ada tumpukan salju yang tak terlambat untuk diabadikan. Salah satu pemandangan salju spektakuler ada di Taman Nasional Crater Lake, Oregon, Amerika Serikat.


Februari - Bermain ski


Gundukan salju di Gynt Trai, Gudbrandsdalen, Norwegia, merayu pengunjung untuk meluncur di atasnya. Ada paket untuk bermain ski sekaligus menginap di penginapan Gynt Trai. Hotel ini bertatapan langsung dengan Pegunungan Rondane dan Danau Gal.


Maret - Memancing


Soal memancing, Panama punya kawasan memancing kelas dunia. Panama Big Game Fishing Club di lepas Pantai Pasifik menawarkan paket memancing minimal untuk empat malam termasuk penginapan, transfer bandara dan penerbangan domestik.


April - Berlayar dengan kapal laut


Bagi yang tergiur, bisa mencoba rute Barbados menuju Roma dengan trans-Atlantik. Pengunjung akan berada selama 10 hari berturut-turut di laut dalam kapal pesiar ini.



Mei - Bersepeda


Mei waktunya mengembalikan tubuh ke tanah. Wisatawan bisa pergi ke Tuscany, Italia, untuk menggowes sepeda sambil menyaksikan indahnya panorama Tuscany. Selain pemandangan hijau, ada bukit-bukit indah yang akan dilewati. Wisatawan juga bisa memetik anggur di sini.


Juni - Berpetualang dengan Komodo


Sejak resmi menyandang predikat Tujuh Keajaiban Dunia dari UNESCO, Taman Nasional Komodo jadi destinasi favorit turis seluruh dunia. Menapaki bulan Juni, saatnya berpetualang ke sini, wisatawan bisa terjun langsung ke habitat asli Komodo, melihat bagaimana keseharian mereka yang unik.


Taman nasional itu terdiri atas tiga pulau, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Untuk mencapai ketiganya, pengunjung harus meraih Kota Labuan Bajo terlebih dahulu. Selain berpetualang dengan komodo, kehidupan bawah laut perairan di sini sangat cantik.


Juli - Mendaki pegunungan Swiss


Mendaki Pegunungan Alpine adalah opsi tepat untuk menghabiskan waktu di Eropa pada bulan ini. Klimaks pendakian berada di ketinggian 3 ribu kaki. Cukup tinggi memang, disarankan hanya pendaki berpengalaman yang menaikinya.


Agustus - Burning Man Festival

Di Gurun Nevada, bulan Agustus mempersilakan pengunjung untuk membuat patung berwujud diri sendiri, ataupun membuat tiruan Wall Street kemudian membakarnya. Festival ini dikenal dengan Burning Man.


September - Memetik anggur

Portugal tersohor dengan pertanian anggur, juga kawasan petualang yang ditawarkan di dekat Samudera Atlantik. Ada desa, pantai, istana, tanjung, dan deretan kota lama yang sangat antik. Jangan lupa untuk melengkapi hari dengan santap hidangan di kafe-kafe indah.


Oktober - Mendaki Gunung Everest


Pendaki berpengalaman bisa mencoba jajaki gunung tertinggi di dunia ini. Untuk mengeksplorasi wilayah di Nepal ini, siapkan fisik karena rintangan tak kenal ampun.


November - Wisata safari


November adalah waktu terbaik untuk mengeksplorasi wisata safari di Afrika Selatan. Selain menjelajah negara megah dan mengamati perilaku hewan-hewan, wisatawan juga bisa mendaki gunung, bersepeda dan menikmati kayak di sungai.


Desember - Selebrasi Natal


Kostarika punya pilihan unik untuk merayakan Natal. Setelah puas memborong barang di pusat perbelanjaan, kini giliran mengunjungi alam negara ini. Karena, terletak di tengah Laut Karibia, wisatawan bisa mencoba berkayak di Taman Nasional Tortuguero. (art)