Terungkap, Alasan Ciuman Pertama Begitu Membekas




Ciuman pertama sarat emosional sehingga terus membekas di otak. (iStock)




Ciuman pertama sarat emosional sehingga terus membekas di otak. (iStock)



VIVAlife - Kenangan tertentu tak dapat dilupakan, terutama yang memberikan kehangatan dan emosi positif. Rekaman itu terus terpatri di otak, sehingga tak lapuk meskipun waktu terus beranjak.

Ternyata ada alasan ilmiah yang mampu mengungkapkan ini. Sebastian Seung, seorang pakar neurobiologis menjelaskan, otak bertindak sebagai peta koneksi yang membuat kenangan tertentu bertahan lama. Memori ciuman pertama misalnya, pengalaman tersebut menarik karena terjadi dengan orang yang Anda cintai. Kejadian itu sarat emosional sehingga menyengat pada otak.


"Beberapa memori menyengat otak dengan gigih sehingga dapat bertahan seumur hidup," kata Seung, dilansir News.com.au.


Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana otak bekerja. Caranya, persis seperti peta yang menggambarkan maskapai penerbangan menghubungkan ribuan kota. Peta penerbangan memiliki bandara dan kota-kota, serta rute-rute. Menurut Sebastian, setiap kota digantikan oleh neuron otak, dan setiap penerbangan antar kota adalah koneksi.


"Otak Anda mewakili peta seperti itu, ada 100 miliar kota dan 10 ribu penerbangan per kota. Otak Anda otak mengandung 100 miliar neuron, setiap neuron mungkin memiliki 10 ribu koneksi," kata pakar berdarah Korea Amerika itu.


Salah satu hipotesis yang berkembang pada uji saraf. Kenangan seperti memori ciuman pertama, disimpan dalam koneksi berbentuk pola raksasa pada peta, sehngga keberadaannya tak mudah dilupakan. (eh)