30 Menit, Waktu Minimal agar Bercinta Menyehatkan




Ilustrasi bercinta. (iStockphoto)




Ilustrasi bercinta. (iStockphoto)



VIVAlife - Bahwa bercinta baik bagi kesehatan, sudah menjadi rahasia umum. Namun tahukah Anda, ada syarat tertentu sehingga bercinta bisa mencapai manfaat maksimal untuk tubuh.


Menurut Graham Jackson, Kepala The Sexual Advice Association, aktivitas seksual harus dilakukan selama paling tidak 30 menit. Dengan bercinta selama itu, Anda sama saja melakukan latihan kardiovaskular yang bagus.


Sebab, mengutip laman Daily Mail, dalam waktu itu denyut jantung akan meningkat sekitar sepuluh kali per menit, atau lebih. Jumlah itu baik untuk memacu ketahanan jantung.


Tak heran, bercinta disebut sebagai terapi efektif untuk penyakit jantung, paru-paru, dan otak. Aktivitas intim itu juga bisa menurunkan risiko kanker dan menyembuhkan sakit kepala.


Bahkan, bercinta baik mengatasi kesulitan tidur.


Syarat waktu bercinta yang disebutkan Jackson itu juga ditekankan oleh penelitian British Heart Foundation. Bercinta selama 30 menit sehari, sebutnya, sama baiknya dengan berlari bersama anjing keliling komplek.


Selama 30 menit, kata penelitian itu, pria yang bercinta membakar sekitar 100 kalori, sedangkan wanita 69 kalori.


Itu sama seperti bermain tenis dan berjalan menanjak selama 20 menit, golf selama 33 menit, yoga selama 40 menit, dan mendayung selama 19 menit.


Sayangnya, menurut laporan New England Journal of Medicine tahun 2013, pasangan hanya sanggup bertahan dalam hubungan seksual sekitar enam menit. Di waktu itu, baru sekitar 21 kalori yang terbakar.


Sedangkan menurut Jackson, rata-rata pasangan yang sudah lama menikah hanya bisa bercinta maksimal selama 15 menit.


Karena itu Jackson menekankan, meski kebaikannya sama seperti berolahraga, bercinta tak bisa dijadikan pengganti aktivitas fisik itu.


“Hubungan seksual dimaksudkan untuk melengkapi olahraga, sebagai lanjutan dari latihan Anda. Jadi Anda tidak bisa mengatakan: ‘Aku sudah berhubungan seks, aku tak perlu olahraga’,” ujar Jackson. (eh)