VIDEO: Memahat Patung Fleksibel dari Kertas




Li Hongbo mengurai patung hasil karyanya. (REUTERS/Jason Lee)




Li Hongbo mengurai patung hasil karyanya. (REUTERS/Jason Lee)



VIVAlife - Di tangan seorang pematung asal China, Li Hongbo, kertas bisa menjadi sebuah karya seni yang menakjubkan. Para pengunjung yang melihat patung buatan Hongbo rata-rata terkecoh.


Seperti dilansir kantor berita Reuters, patung yang disangka padat ternyata dapat diubah menjadi fleksibel dan tak berbentuk.


"Pada awalnya, saya menemukan sifat fleksibel kertas melalui mainan kertas Cina dan lentera kertas," ujar pria berusia 38 tahun ini.


Lihat videonya di tautan ini.


Dalam membuat patung unik tersebut, Hongbo menggunakan 5.000 lembar kertas yang ditumpuk dan ditempel dengan menggunakan lem. Setelah itu tumpukan kertas dibentuk atau dipahat menjadi patung layaknya batu lunak.


Pameran patung hasil karya Hongbo yang digelar di Klein Sun Gallery, New York Citu, sejak 9 Januari 2014, sukses menyita perhatian para pengunjung. Meski demikian, sejumlah pengunjung kecewa ketika mengetahui bahwa mereka tidak diperbolehkan menyentuh atau bermain-main dengan patung tersebut.


"Sebagai seorang pengamat, saya hanya bisa menikmati memomentum atau gerakan objek itu jika seseorang membukanya untuk saya," ujar salah seorang pengunjung Lydia Chrisman.


Li Hongbo