Ini Masalah Kesehatan Anak yang Wajib Diketahui Orangtua




Orangtua yang tinggal di perkotaan dan punya akses internet, biasanya sudah punya bekal pengetahuan soal anak. (istock)




Orangtua yang tinggal di perkotaan dan punya akses internet, biasanya sudah punya bekal pengetahuan soal anak. (istock)



VIVAlife - Saat membesarkan anak, orangtua tentunya menghadapi berbagai peristiwa seiring proses tumbuh kembang sang buah hati. Ada kejadian yang normal, ada yang tidak normal. Begitu pula ada yang berkaitan dengan aspek medis maupun psikologis.

Lalu sejauh mana para orangtua mengetahui atau memilliki informasi soal hal-hal yang terjadi pada putra putri mereka di masa tumbuh kembang?


"Tergantung kalangannya. Kalau orangtua yang tinggal di perkotaan dan punya akses internet, biasanya mereka sudah punya bekal pengetahuan soal itu," ucap dr Marissa TS Pudjiadi, spA, Dokter Spesialis Anak kepada VIVAlife, dalam Peluncuran Buku 250 Tanya Jawab Kesehatan Anak di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Kamis, 23 Januari 2014.


Salah satu dari lima dokter yang menulis buku tersebut juga mengatakan bahwa orangtua yang memang sudah menginginkan atau mendambakan buah hati umumnya juga telah banyak bertanya, membaca, browsing dan mengumpulkan informasi soal proses tumbuh kembang anak, dan masalah-masalah yang seringkali dihadapi orang tua.


"Beberapa peranyaan yang sering dilontarkan orangtua umumnya seputar berat badan, pemberian ASI, panduan susu formula, menghadapi penyakit infeksi serta masalah psikologi," ujarnya.


Ia menambahkan bahwa buku tersebut ditulis untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh para orang tua di ruang praktiknya secara simpel dan praktis. Buku tersebut diperuntukkan orangtua yang memiliki anak dari usia bayi hingga anak yang berada di bangku sekolah dasar.


"Walaupun begitu, bagi orangtua yang masih ada keraguan soal masalah yang dihadapi setelah membaca buku ini, lebih baik segera tanyakan ke dokter karena bagaimanapun juga kondisi klinis setiap anak berbeda," tambahnya. (umi)