Nenek Gaul, Jadi Pengguna Facebook Tertua di Dunia




Edythe Kirchmaier, pengguna Facebook yang berusia 106 tahun. (Facebook)




Edythe Kirchmaier, pengguna Facebook yang berusia 106 tahun. (Facebook)



VIVAlife - Tak seperti orang lain, Edythe Kirchmaier butuh waktu super lama untuk bergabung di media sosial Facebook. Ia bahkan butuh teknisi khusus yang harus mengerjakannya selama sebulan.


Ini bukan perkara jaringan rusak atau ketidakprofesionalan situs ciptaan Mark Zuckerberg itu. Edythe memang bukan lahir kemarin sore. Ia tak dikirimkan ke dunia di zaman serba digital dan era ketika semua terhubung oleh internet.


Edythe merupakan anak kandung zaman telegraf. Ia lahir tahun 1908. Itu sebabnya ia tak bisa bergabung di Facebook. Tanggal lahirnya tak tercantum.


Teknisi pun mengubah tanggal lahir khusus untuk Edythe. Itu tak pernah dilakukan sebelumnya. Tak apa Edythe diperlakukan khusus. Ia memang istimewa. Ia lah pengguna Facebook tertua di dunia.


Mengutip laman ABC News, Edythe baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-106 pekan ini. Ia sendiri bergabung dengan situs media sosial berlatar biru itu sejak tahun lalu, saat salah satu teman dari lembaga amal Direct Relief menandainya.


Tak disangka, Edythe ternyata justru kecanduan. Setiap hari, ia pasti mengecek akun Facebook-nya. Menurutnya, itu efektif untuk membuatnya tetap terhubung dengan kawan dan keluarga.


Melalui situs yang sama, ia juga berupaya meningkatkan kesadaraan untuk beramal dalam Direct Relief. Status Edythe seringkali membahas betapa penting beramal. Ia juga eksis di fan page Direct Relief.


“Tujuan saya memang membuat lembaga amal favorit saya ini menjadi lebih dikenal,” katanya.


Berkat Edythe, lembaga amal itu memang lebih kondang. Di fan page-nya, ia disukai 105 ribu orang. Edythe sendiri punya lebih dari 45 ribu teman dan disukai lebih dari 20 ribu orang.


Saking cintanya Edythe pada Facebook, ia mengklaim tak ingin berpindah ke “lain hati”. Ia berjanji tidak akan menggunakan situs media sosial lain dalam waktu dekat.