Diciptakan, Tomat Berwarna Ungu Kaya Manfaat Kesehatan




Jus tomat ungu kini siap dipasarkan di Kanada. (John Innes Centre)




Jus tomat ungu kini siap dipasarkan di Kanada. (John Innes Centre)



VIVAlife - Di telinga masyarakat awam, nama tomat ungu tentunya masih terdengar asing. Namun di Kanada, tomat ungu sedang diproduksi secara besar-besaran. Jus tomat sebanyak 1.200 liter pun kini sudah siap untuk dipasarkan.


Tomat unik awalnya dikembangkan di Inggris. Fokus pada pengembangan tomat menggunakan pigmen gelap, yang biasa dikenal dengan antosianin. Kandungan ini memberikan tomat manfaat potensial untuk kesehatan. Dalam studi terhadap hewan, diketahui antosianin mampu memerangi kanker.


Tomat-tomat ini dikembangkan di John Innes Centre di Norwich, di mana Profesor Cathie Martin berharap kiriman jus tomat edisi perdana dari Kanada nanti akan memberi kesempatan pada para peneliti tentang potensi manfaat perasan buah itu.


"Dengan tomat ungu ini Anda bisa mendapatkan kandungan yang sekarang ada dalam blueberry and cranberry yang manjur untuk kesehatan - tetapi bisa juga digunakan dalam makanan yang dikonsumsi orang dalam jumlah signifikan dan dengan harga terjangkau," kata Martin seperti dilansir laman BBC.


Pigmen ungun pada tomat merupakan hasil rekayasa dengan mantransfer gen dari tumbuhan snapdragons. Modifikasi ini memungkinkan pengembangan antosianin pada tomat. (umi)