VIDEO: Pizza Betutu, Lezatnya Kolaborasi Cita Rasa Italia-Bali




Ilustrasi pizza (facebook.com/pages/Encore-Pizza)




Ilustrasi pizza (facebook.com/pages/Encore-Pizza)



VIVAlife - Siapa yang tidak suka pizza? Makanan khas Italia ini memiliki penggemar hampir di seluruh dunia. Sejumlah restoran pizza pun melakukan berbagai inovasi. Salah satunya kedai pizza di Kuta, Bali yang mengombinasikan makanan asal Italia ini dengan masakan lokal khas Bali, yaitu ayam betutu.


Hadirnya pizza betutu berhasil menarik rasa penasaran wisatawan untuk mencicipi hidangan yang memiliki perpaduan masakan asal Eropa dan Bali ini: unik campur pedas.


Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan pembuatan pizza pada umumnya. Siapkan adonan pizza berbentuk bulatan lalu pipihkan. Kemudian beri topping ayam betutu dan panggang.


Sebelumnya, buat topping pizza terlebih dahulu. Bahannya, daging ayam yang diberi bumbu bawang merah, cabai merah dan rempah-rempah lain. Bumbu-bumbu tersebut dirajang halus dan disangrai. Kemudian panggang ayam yang sudah diberi bumbu dalam oven.


Setelah matang, potong ayam betutu kecil-kecil dan taburkan di atas adonan pizza yang sudah dipipihkan. Panggang pizza yang sudah diberi topping dan pizza betutu siap dihidangkan.


Lihat videonya di tautan ini.


Dhani, pembuat pizza betutu berharap bahwa setiap daerah memiliki pizza khas daerahnya masing-masing. Seperti dilansir Topik Siang ANTV, Dhani menyebutkan bahwa jika Bali punya pizza betutu, mungkin saja Jakarta akan punya pizza dengan kerak telor atau surabaya dengan topping rawon setan. (sj)