VIDEO: Gurihnya Tahu Telur Berbentuk Bolu dari Banyumas




Ulob Tahu Telur, khas Banyumas, Jawa Tengah. (antv)




Ulob Tahu Telur, khas Banyumas, Jawa Tengah. (antv)



VIVAlife - Tahu, makanan yang terbuat dari kacang kedelai itu seakan tak lekang waktu. Meski sederhana, ia bisa diolah menjadi beragam variasi makanan menggiurkan. Tambahan berbagai bahan membuat tahu bisa ‘naik pangkat’, dari makanan rakyat ke selera pejabat.

Di Jalan Raya Sumbang, Banyumas, terdapat sebuah rumah makan yang menyediakan variasi menu berbahan dasar tahu. Salah satu yang paling diunggulkan adalah Ulob Tahu Telur. Makanan ini cukup unik, karena ia justru mirip dengan bolu. Bentuknya sama bulat. Ya, ulob memang kebalikan dari kata bolu.


Cara pembuatan ‘bolu tahu’ itu cukup mudah. Tahu dan telur yang sudah ditambah bawang putih dan garam dikocok hingga rata, kemudian digoreng. Penggorengannya tak sembarangan. Uniknya, ia digoreng menggunakan tabung silinder agar berbentuk seperti kue bolu.


Setelah matang, ulob diselimuti dengan telur yang digoreng crispy. Kemudian, tampilan dipercantik sentuhan tauge dan irisan wortel rebus. Sebagai pelengkap, ia biasa disajikan dengan sambal cabai rawit, kacang tanah yang disangrai, serta kecap manis. Rasanya gurih dan renyah. Pantas ia disukai anak-anak.


Makanan itu juga kaya gizi dan tinggi protein. Terutama protein hewani yang didapat dari telur, serta protein nabati dari tahu. Selain Ulob Tahu Telur, ada pula tahu goreng yang disajikan lengkap dengan lontong dan cabe rawit. Kurang puas? Masih ada tahu mentah yang bisa langsung dinikmati.


Jika masih penasaran, saksikan selengkapnya melalui video ini. (umi)