Manisnya Kolaborasi Kebab dan Cokelat




Kebab manis rasa cokelat. (foodbeast.com)




Kebab manis rasa cokelat. (foodbeast.com)



VIVAlife - Di Indonesia makanan ini lebih dikenal dengan nama kebab Turki, meski originalnya ia bernama shawarma. Makanan asal Arab nan lezat ini, adalah perpaduan roti pita bundar dan pipih, yang bagian tengahnya memiliki rongga layaknya kantong.

Bagian roti pita, biasanya diisi daging sapi, kambing, atau ayam yang diberi bumbu rempah lalu dimasak dengan cara dipanggang memutar. Selain daging, shawarma umumnya diberi sayuran selada, mentimun, tomat, bawang bombai, hummus, tahuni, dan mayonnaise , lalu digulung. Setelah dipanggang sebentar hingga aromanya tercium hidung, barulah panganan ini siap disantap. Yummy!


Uniknya, saat ini telah hadir inovasi baru shawarma bercita rasa manis. Ya, makanan Mediterania yang biasa dijual di pinggir jalan itu, telah bertransformasi menjadi santapan penutup di sebuah toko dessert di Israel, bernama Choco Kebab.


Menurut majalah Tablet, toko itu menawarkan shawarma cokelat yang cara masaknya hampir sama dengan membuat shawarma tradisional. Yakni dengan meletakkan bongkahan cokelat di alat pemutar, memotongnya tipis-tipis untuk kemudian diisi ke roti pita tipis yang teksturnya seperti crepe.


Tak hanya cokelat, di toko itu pengunjung dapat mencicipi berbagai varian shawarma manis lain yang isiannya beragam. Mulai dari dulce de leche, sirup mapel, sirup cokelat, krim kocok, M&Ms, granola, dan meses. Sang pemilik toko, Oded Cohen mengaku, ide mengubah shawarma menjadi santapan bercita rasa manis ini, ia temukan saat jalan-jalan ke Italia.