Studi: Konsumsi Brokoli Baik untuk Penderita Asma




Brokoli kukus baik disantap setiap hari untuk penderita asma. (istockphoto)




Brokoli kukus baik disantap setiap hari untuk penderita asma. (istockphoto)



VIVAlife - Mengonsumsi brokoli kukus setiap hari ternyata baik untuk kesehatan penderita asma. Menurut peneliti dari Melbourne, Australia, menyantap satu atau dua cangkir brokoli kukus setiap hari bisa jadi pengobatan baru untuk para penderita asma.

Menurut penelitian tersebut, sulforaphane alami yang terkandung di dalam brokoli dan sayuran lainnya mampu melindungi tubuh dari peradangan pernapasan yang bisa menyebabkan asma.


"Di Australia, asma memengaruhi satu dari sepuluh orang dan terus meningkat," ujar mahasiswa kehormatan dari University of Melbourne, Nadia Mazarakis, yang melakukan penelitian tersebut bersama supervisor Dr. Tom Karagiannis.


Brokoli juga diketahui kaya akan vitamin A dan C, vitamin B-6 serta mengandung zat besi, kalsium, dan serat makanan. Sebagai bagian dari famili kubis, brokoli juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik.


Dalam penelitian laboratorium yang dilakukan University of Melbourne, terungkap juga bahwa sayuran lain dari famili cruciferous, seperti kale, kubis, kembang kol, dan bok choy, mampu mengurangi kerusakan pada paru-paru.


"Penelitian kami bisa membantu orang-orang tertentu yang resistan terhadap pengobatan saat ini," ujar Dr. Karagiannis.


Mazarakis menjelaskan, penelitian masih dalam tahap percobaan. Nasihat medis masih tetap harus diikuti selama pasien terkena serangan asma atau masalah pernapasan yang parah.



Sumber: Daily Mail