Mengenal Lebih Dekat Cacar Ular




Ilustrasi virus Varisella zoster, penyebab cacar ular. (www.turbosquid.com)




Ilustrasi virus Varisella zoster, penyebab cacar ular. (www.turbosquid.com)



VIVAlife - Herpes zoster merupakan penyakit yang banyak diderita oleh jutaan orang di dunia. Setidaknya satu dari tiga orang berisiko mengalaminya. Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan cacar ular.

Penyakit ini bersumber dari virus berjenis varisela atau virus yang sama dari cacar air. Meskipun cacar ular terbilang mudah disembuhkan, sekali terserang, virus varisela akan terus menetap dalam tubuh.


"Herpes zoster ini dari virus varisela. Bisa sembuh tapi virusnya nggak hilang," terang dr. Hanny Nilasari, SpK(K) saat ditemui di acara Seminar tentang herpes zoster di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 24 juni 2014.


dr. Hanny menambahkan bahwa herpes zoster bisa menyerang semua usia. Faktor yang menyebabkannya selain virus dari cacar air sebelumnya, juga karena sistem kekebalan tubuh yang buruk. Ditambah kesehatan yang terganggu seperti diabetes dan penyakit kronis lainnya.


"Namun pada usia yang lebih tua (50 tahun ke atas) akan lebih berisiko terkena herpes zoster," tambahnya.


70 Persen wanita cenderung lebih sering terkena penyakit ini daripada laki-laki. Hal itu dikarenakan wanita mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya. Dipengaruhi juga oleh kondisi hormonal yang membuat daya tahan tubuh rendah, seperti kehamilan.