Tiongkok Ubah Bekas Tambang Jadi Taman Hijau




International Horticultural Exposition 2014 di Qingdao. (Qingdao Horticultural Expo)




International Horticultural Exposition 2014 di Qingdao. (Qingdao Horticultural Expo)



VIVAlife - Deretan tanaman hijau menyambut pengunjung saat menginjakkkan kaki di International Horticultural Expo 2014 yang berlokasi di distrik Licang, Qingdao, Tiongkok. Melihat indahnya tempat tersebut barangkali tak ada yang menyangka jika kawasan ini dahulunya merupakan bekas tambang.

Saat masih menjadi daerah pertambangan, tanah banyak digali dan vegetasi sangat minim. Namun, pada Juni 2010, kota ini perlahan mulai mengubah wajahnya. Mereka mengembalikan bekas tambang seperti kondisi semula dan menanam berbagai jenis pohon di atasnya.


Kini, Licang dipenuhi tanaman hijau dan bunga cantik beraneka warna. "Dengan mengubah zona pertambangan lusuh ini menjadi kota ekologi, kami berharap baik kota dan masyarakat akan lebih sadar untuk menjaga keseimbangan antara manusia dan alam," kata Wakil Ketua Komite Populasi, Sumber Daya, dan Lingkungan CPPCC, Jiang Zehui.


International Horticultural Expo 2014 telah dibuka pada 25 April 2014. Pameran yang digelar di taman seluas 241 hektare ini diharapkan bisa menarik 12 juta turis sebelum berakhir pada 25 Oktober 2014.


Pameran diikuti pencinta tumbuhan dan taman dari 27 negara, termasuk salah satunya Korea Utara serta Swedia. Di paviliun Swedia, pengunjung bisa menghabiskan waktu di replika Ice Bar yang terkenal.


"Seluruh bar terbuat dari es dan di dalamnya Anda akan diberikan parka dan sarung tangan," ujar Duta Besar Swedia untuk Tiongkok, Lars Freden. (art)


Sumber: CNN/Xinhua