Pulau Ini Tawarkan Hidup Lebih Lama




Pulau Ikaria, Yunani. (Ikarian Centre)




Pulau Ikaria, Yunani. (Ikarian Centre)



VIVAlife - Sementara orang-orang di kota mencoba segala cara untuk tampil awet muda, ada sebuah pulau di Yunani yang menyimpan rahasianya. Pulau bernama Ikaria itu ibarat “surga keabadian”.

Tahun 2009, pulau itu dikenal sebagai rumah bagi para manusia berumur panjang. Di sana, jumlah orang berusia 90 tahun ke atas ditemukan dua setengah kali lebih banyak daripada di Amerika Serikat.


“Ikaria pulau yang unik. Masyarakatnya punya gaya hidup dan cara memandang hidup yang berbeda,” ujar Thea Parikos, penduduk lokal yang pernah hijrah dan akhirnya kembali lagi ke sana saat dewasa.


Mengutip laman Time, pulau itu terletak di Laut Aegea, seputaran Yunani. Dari kejauhan saja, pulau berpenduduk sekitar 10 ribu orang itu sudah tampak seperti tempat tinggal yang menentramkan.


Hijau tetumbuhan masih mendominasi pulau. Lanskapnya berupa pegunungan dengan lereng-lereng tajam. Warna airnya kebiruan. Suara-suara alami hewan hutan terdengar menyambar-nyambar.


Usia penduduk yang panjang dikaitkan pula dengan kondisi alam yang indah nan permai itu. Namun teori lain juga menyebut, masyarakat Ikaria panjang umur karena menjalani diet nabati yang ketat.


Selain itu, usia panjang juga bisa disebabkan kebiasaan masyarakat yang menyibukkan diri meski telah menua. Mereka terbiasa beraktivitas fisik seperti merawat tanaman dan bersosialisasi dengan sesama.


Disinyalir, kebiasaan sehari-hari itu mereduksi stres pada masyarakat. Akibatnya, penduduk Ikaria berumur lebih panjang dibanding mereka yang ada di kota dan terus terbebani berbagai masalah. (air)