Diciptakan: Baju Renang Khusus Penderita Kanker Payudara




Ilustrasi kanker payudara (iStock)




Ilustrasi kanker payudara (iStock)



VIVAlife - Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti para kaum hawa. Banyak pasien penyakit ini yang sering merasa tidak rela dan bahkan depresi saat dirinya harus melakukan mastektomi atau operasi pengangkatan payudara.

Rasa tidak percaya diri banyak menyelimuti para survivor kanker payudara. Mereka tak lagi merasa nyaman dengan tubuh mereka sendiri.


Mungkin itu alasan diciptakannya sebuah baju renang modern yang diperuntukkan bagi para survivor kanker payudara.


Dinamakan Monokini 2.0, baju renang tersebut merupakan proyek yang diinisiasi oleh sekelompok perancang busana asal Finlandia. Mereka merancang baju renang dengan berbagai model dan warna khusus untuk para wanita yang telah memenangkan pertarungan dengan kanker ganas itu.


Berbeda dengan baju renang biasa, yang satu ini tidak didesain untuk menyembunyikan bekas luka operasi kanker payudara, namun justru mengeksposnya. Alasan baju renang ini didesain demikian adalah untuk membantu para survivor kanker payudara agar tidak merasa malu, tetap percaya diri dan bangga pada tubuh mereka walaupun sebelah payudara mereka telah diangkat.


"Kami ingin menciptakan imej positif mengenai wanita yang telah melakukan mastektomi dengan menunjukkan bahwa Anda tetap dapat menjadi utuh, cantik dan seksi dengan hanya satu payudara atau tanpa payudara sama sekali," seperti yang tertulis di situs resmi Monokini tersebut.


Tak hanya itu, dalam situs tersebut juga dituliskan bahwa tujuan dilakukannya proyek ini adalah untuk menggali tabu sosial yang ketat mengenai apa yang layak atau tidak layak untuk diekspos. (umi)


Sumber: Monokini 2.0