Tips Tidur Cukup di Malam Hari




Memiliki waktu tidur cukup di malam hari sangatlah penting (iStock)




Memiliki waktu tidur cukup di malam hari sangatlah penting (iStock)



VIVAlife - Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan salah satu kebutuhan penting dalam hidup. Untuk itu, memiliki waktu tidur cukup di malam hari sangatlah penting.

Namun, tidak bisa dimungkiri, tak mudah mendapatkan waktu tidur cukup setiap hari. Terlebih, bagi masyarakat urban yang punya jadwal padat. Alhasil, tidur yang cukup menjadi sesuatu yang mahal untuk diperoleh.


Padahal, kurang tidur diketahui menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Awalnya, tubuh terasa lelah dan emosi pun tidak terkontrol. Efek jangka panjang adalah menurunkan daya ingat, meningkatkan risiko diabetes, dan meningkatkan risiko depresi, bahkan memicu obesitas.


Lalu, bagaimana caranya mendapatkan waktu tidur yang cukup selama delapan jam? Berikut tips yang disarikan dari Fox News:


• Jangan minum minuman berkafein setelah Anda makan malam. Ini hanya akan membuat Anda lebih susah tidur.

• Tidur dalam suasana cahaya temaram. Cahaya dari lampu akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk membuat Anda tetap terjaga.

• Jangan minum minuman beralkohol. Alkohol hanya akan menekan siklus tidur dan metabolisme Anda.

• Minimalkan gangguan di kamar tidur, seperti televisi atau peralatan eletronik lain. Kamar tidur hanya digunakan untuk tidur dan ini sangat membantu tubuh Anda untuk beradaptasi dalam suasana yang relaks, bebas dari hal-hal yang membuat Anda terjaga. Pastikan televisi dan barang elektronik lainnya dalam kondisi mati.

• Membaca atau mandi air hangat sebelum tidur. Ini akan membantu tubuh dan pikiran Anda lebih tenang dan siap untuk tidur nyenyak. (asp)