Mengintip Destinasi Liburan Favorit Presiden AS




Salah satu sudut Key Largo, lokasi liburan favorit Obama. (Florida-Pictures)




Salah satu sudut Key Largo, lokasi liburan favorit Obama. (Florida-Pictures)



VIIVAlife - Jika selebriti Hollywood menghabiskan liburan di pulau pribadi dan penginapan mewah, bagaimana dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama? Ke mana saja ia menghabiskan waktu untuk menyegarkan pikiran?

Dilansir laman News, Obama pernah berlibur ke Palm Springs, California. Itu merupakan danau indah yang dilengkapi lapangan golf. Obama memang pencinta golf. Selama masa jabatannya, ia telah melewati 163 putaran golf.


Perjalanan lainnya, Obama juga pernah ke Key Largo, Florida. Itu merupakan pulau cantik yang kaya biota laut. Para penyelam menyebutnya surga. Di sana, Obama sekeluarga menginap di Ocean Reef Club, penginapan eksklusif yang bertatapan langsung dengan laut.


Orang nomor satu di Amerika Serikat itu juga gemar liburan di Hawaii.


Obama memang gandrung berlibur. Sampai-sampai, biaya liburannya diungkap Judicial Watch. Menurut dokumen Angkatan Udara AS, Obama telah menghabiskan US$40 juta atau Rp461 miliar untuk berlibur. Itu baru untuk perjalanan udara saja, belum termasuk akomodasi dan keamanan.


Tingginya biaya berlibur Obama, menimbulkan kontroversi. Banyak yang kontra karena liburan itu difasilitasi pajak negara. Namun, mantan ibu negara, Nancy Reagan, termasuk yang pro. Ia mengatakan, presiden memang butuh liburan dan melihat pemandangan indah.


“Obama menghabiskan banyak waktu di Gedung Putih, lebih dari suami saya. Dulu, Ronald Reagan menghabiskan waktu 436 hari untuk liburan, selama 8 tahun masa jabatannya,” ucap Nancy.


Selain Obama dan Reagan, presiden AS yang juga tercatat sering berlibur adalah George W Bush. Ia menghabiskan 490 hari di peternakannya, Texas. (one)