Fakta Ini Membuat Senin Makin Menakutkan




Serangan jantung banyak terjadi di hari Senin. (iStock)




Serangan jantung banyak terjadi di hari Senin. (iStock)



VIVAlife - Bukan hanya kemacetan dan beban pekerjaan yang membuat awal minggu terdengar menakutkan. Kondisi kesehatan juga patut dikhawatirkan.

Google mencatat, orang paling banyak mencari informasi soal kesehatan di hari Senin. Mungkin itu disebabkan gaya hidup yang kerap lepas kontrol di akhir pekan.


Di akhir pekan, menurut penelitian, orang kehilangan minat pada hal-hal berbau medis. Mereka hanya memikirkan kesenangan diri sebagai ganjaran kerja keras sepekan.


Para peneliti dari San Diego State University kemudian mencari tahu hubungan kekhawatiran terhadap kesehatan dengan pola sakit mingguan yang kerap diderita orang.


Ditemukan, tingkat serangan jantung melonjak tajam di hari Senin. Studi di Skotlandia membuktikan itu. Diduga, penyebabnya adalah pesta minum di akhir pekan dan kekhawatiran menyambut awal pekan.


Bukan hanya serangan jantung, beberapa penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan stroke memuncak di awal pekan. Pola itu disebut circaseptan rhythms.


“Hasil akhir pekan mengakibatkan permintaan tinggi atas informasi kesehatan di awal minggu. Apalagi jika selama akhir pekan pilihan kesehatannya buruk,” seorang psikolog menerangkan, dalam Daily Mail.


Fakta itu bisa dimanfaatkan para promotor kesehatan untuk memaksimalkan upaya kampanye di awal pekan. Promosi kesehatan akan efektif karena orang-orang lebih peduli. (ita)