Studi: Tingkat Pendidikan Bisa Pengaruhi Mimpi




Ilustrasi tidur. (iStock)




Ilustrasi tidur. (iStock)



VIVAlife - Bunga tidur memang terjadi secara acak. Yang diimpikan juga tak selalu jelas. Namun ternyata, mimpi bisa dipengaruhi tingkat pendidikan. Sudah dilakukan penelitian khusus untuk mengujinya.

Riset dari YouGov dan grup edukasi mimpi DreamsCloud menyebut, orang yang tingkat pendidikannya lebih tinggi akan lebih sering memimpikan soal pekerjaan dan rekan kerja.


Itu, berdasarkan penelitian terhadap lebih dari seribu orang dewasa di Amerika Serikat. Peneliti menganalisis hubungan gelar pendidikan yang dimiliki dan mimpi yang sering menghiasi tidur.


Hasilnya, 49 persen lulusan pascasarjana sering bermimpi soal rekan kerja. Itu lebih tinggi dibanding mereka yang tidak memiliki gelar serupa. Hanya 33 persen yang bermimpi soal pekerjaan.


Gelar S2 juga membuat orang tidak bermimpi soal naik gaji atau promosi. Artinya, mereka lebih puas soal gaji dibanding mereka yang tingkat pendidikannya lebih rendah.


Selain itu, responden yang memiliki gelar tinggi juga sering bermimpi soal tenggat waktu pekerjaan.


Peneliti mimpi, Dr Angel Morgan menjelaskan temuan itu. "Kita bermimpi tentang apa yang menjadi perhatian kita," katanya dalam Huffington Post. Tentu, itu berhubungan dengan tingkat pendidikan.


"Apa yang kita inginkan bisa dipengaruhi pendidikan. Itulah yang tercermin dalam mimpi," jelas Morgan. (asp)