Cara Mudah Ajarkan Anak Soal Tanggung Jawab




Memelihara hewan bisa mengajarkan nilai-nilai penting pada anak, termasuk soal tanggung jawab. (wallpapers-look.blogspot.)




Memelihara hewan bisa mengajarkan nilai-nilai penting pada anak, termasuk soal tanggung jawab. (wallpapers-look.blogspot.)



VIVAlife - Hewan peliharaan bisa jadi pelengkap keluarga yang luar biasa. Suasana rumah jadi menyenangkan dan hangat. Kenangan masa kecil yang bahagia, dapat bersumber dari keluarga dan waktu yang dihabiskan bersama hewan kesayangan.

Hewan bisa jadi sahabat tetap anak-anak yang memberikan kenyamanan besar. Auckland's Starship Hospital di Selandia Baru, telah mengakui bahwa memelihara hewan itu penting bagi anak-anak. Sebab, merawat hewan berarti menanamkan nilai-nilai penting bagi si kecil.


Dengan adanya hewan peliharaan, anak-anak akan mempelajari empati dan kebaikan, khususnya terhadap mereka yang lebih muda dan lebih rentan daripada diri mereka, baik itu hewan maupun manusia. Nilai lain, mereka juga mengerti nilai tanggung jawab, serta pembelajaran tentang kebutuhan hewan.


Selain itu, sikap orang tua pada hewan juga dapat dicontoh oleh anak-anak, itu mempengaruhi cara mereka memperlakukan hewan. Jika hewan diperlakukan dengan baik, anak-anak akan menghormati makhluk hidup.


Sally Hibbard, ahli tingkah laku hewan, memberikan tips pada orang tua untuk memastikan bahwa memelihara hewan, menghasilkan pembelajaran positif bagi keluarga, seperti dilansir NZ Herald:


Informasikan kebutuhan hewan

Buat anak sadar akan kebutuhan hewan peliharaan seperti makan, membersihkan, olahraga, menciptakan lingkungan yang sesuai, memberikan waktu tenang hingga liburan.



Merawat hewan dijadikan rutinitas sehari-hari


Jika anak-anak terlibat dalam merawat hewan peliharaan, jadikanlah ini bagian dari rutinitas sehari-hari, seperti ketika anak-anak menyikat gigi.



Mengawasi mereka


Tetap awasi mereka ketika sedang berada di sekitar hewan, pastikan mereka berprilaku tepat. Tekankan bahwa anak-anak tak bisa menyakiti atau membiarkan hewan cedera. (eh)