Ditemukan, Teknik Ubah Warna Mata Permanen




Seorang ahli bedah di Amerika Serikat (AS) memperkenalkan prosedur baru mengubah warna mata permanen. (iStock)




Seorang ahli bedah di Amerika Serikat (AS) memperkenalkan prosedur baru mengubah warna mata permanen. (iStock)



VIVAlife - Seorang ahli bedah asal Amerika Serikat (AS) menemukan teknik baru untuk mengubah warna mata secara permanen. Seperti dilansir laman Daily Mail, Dr Kenneth Rosenthal dari Island Eye Surgicentre in Long Island, New York, mempelopori prosedur yang disebut dengan implan iris buatan.


Rosenthal menggunakan implan silikon khusus untuk medis berukuran tipis. Prosedur pemasangan implan memakan waktu 15 menit per mata. Dalam kondisi bius lokal, kornea mata pasien disayat sepanjang 2,8 milimeter.


Setelah itu, lipatan implan dimasukkan ke dalam kornea. Ketika sudah berada di dalam mata, implan akan kembali ke bentuk semula dan posisinya dapat disesuaikan.


Produsen implan, BrightOcular, mengatakan prosedur ini tidak memengaruhi penglihatan seseorang. Mereka yang biasa mengenakan kaca mata masih tetap membutuhkan alat bantu penglihatan itu usai prosedur.


Meski prosedur ini dianggap aman, beberapa pasien mengaku mengalami infeksi mata, lebih peka terhadap cahaya, peradangan, dan komplikasi lain. Menanggapi hal tersebut, pihak BrightOcular mengatakan, implan dapat diangkat dengan mudah seandainya terjadi masalah kesehatan.


BrightOcular menjelaskan, dibutuhkan antara satu dan dua bulan bagi pasien untuk sepenuhnya pulih dari operasi. Namun biasanya mereka bisa pulang di hari yang sama saat prosedur di lakukan. (umi)