Studi: Pilihan Aroma Parfum Ditentukan Lokasi Tempat Tinggal




Aroma oriental lebih populer di Nottingham daripada di tempat lain. (istockphoto)




Aroma oriental lebih populer di Nottingham daripada di tempat lain. (istockphoto)



VIVAlife - Selama ini, parfum sering diidentikkan dengan kepribadian seseorang. Namun, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pemilihan aroma parfum ternyata terkait dengan lokasi tempat tinggal pembelinya.


Seperti dilansir laman Daily Mail, penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang tinggal di Liverpool, Inggris, lebih sering memilih aroma bunga untuk parfum mereka. Sedangkan mereka yang tinggal di wilayah selatan, lebih sering memilih aroma buah yang lebih lembut.


"Ini menarik, bagaimana gaya hidup dan lingkungan dapat mempengaruhi pelanggan memilih aroma," ujar kepala kecantikan di sebuah pusat perbelanjaan di Inggris, Amanda Scott.


Penemuan tersebut menjadi sebuah 'peta wangi' di Inggris, yang disusun dengan membandingkan angka penjualan berbagai jenis parfum di seluruh negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan lingkungan menjadi kriteria dalam menentukan aroma yang digunakan. Di Merseyside, aroma bunga jauh lebih populer dibandingkan seluruh kota di Inggris.


Seorang bos dari sebuah pusat perbelanjaan di Liverpool, Inggris, mengatakan bahwa mereka tidak hanya sekadar menjual parfum, tetapi juga membenamkan diri dalam aroma yang dipilih oleh Liverpudlian, sebutan untuk warga Liverpool.


Sementara di Timur Utara Inggris, wangi paling favorit adalah sisa-sisa aroma woody. Sedangkan aroma kayu cendana dan cedarwood, 14 persen lebih tinggi dipilih oleh wanita Newcastle. Wanita yang tinggal di pinggir pantai di South Wales, lebih suka dengan aroma yang mirip dengan lingkungan mereka, sehingga aroma aqua hampir 90 persen lebih sering digunakan di wilayah tersebut.


Wanita yang berada di timur Midlands juga ikut menentukan aroma parfum sesuai geografi mereka. Seperti aroma oriental yang lebih populer di Nottingham daripada di tempat lain.