Orangtua, Ketahui Manfaat Mendongeng untuk Buah Hati




Orangtua disarankan untuk membacakan buku bagi sang buah hati setiap hari. (iStock)




Orangtua disarankan untuk membacakan buku bagi sang buah hati setiap hari. (iStock)



VIVAlife - Orangtua, sempatkan waktu mendongeng untuk sang buah hati setiap hari. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), membacakan buku bagi anak bisa membantu mereka membangun kosakata dan kemampuan komunikasi.


Para pakar mengatakan bahwa mendongeng untuk buah hati sejak masih bayi terkait dengan pencapaian mereka saat di sekolah dan di kehidupan nanti. Orangtua bisa memulainya dengan memeluk bayi sambil membacakan mereka buku berwarna.


Seperti dilansir laman Daily Mail, bersajak, bermain, berbicara, dan menyanyi adalah aktivitas yang cocok dilakukan bersama dengan buah hati untuk memperkenalkan aksara kepada mereka di usia dini.


"Anda tidak mengajarkan bayi berusia dua bulan membaca," ujar Dr Danette Glassy dari AAP.


"Duduk bersama mereka akan membuat bayi Anda cerdas dan bijaksana."


Meski demikian, realitanya hanya sepertiga anak-anak di Amerika (AS) yang dibacakan buku cerita setiap hari dari lahir hingga usia lima tahun. Hal ini berdasarkan National Survey of Children's Health tahun 2011-2012.


Sebagai perbandingan, hanya 60 persen anak-anak dari keluarga berpenghasilan lebih tinggi yang dibacarakan buku setiap hari. "Bahkan keluarga paling kaya dapat terganggu interaksinya dengan bayi mereka," ucapnya.


"Mereka bisa menghibur bayi dengan segala jenis gadget dan alat yang bisa mengganggu perkembangan anak."