Kunci Tidur Nyenyak: Matikan Lampu Kamar




Tidur disarankan dengan kondisi gelap (ilustrasi). (istock)




Tidur disarankan dengan kondisi gelap (ilustrasi). (istock)



VIVAlife - Manusia membutuhkan tidur. Saat itu, seluruh organ tubuh beristirahat dan secara alami meregenerasi sel-selnya. Sayang, stres ataupun beban pekerjaan sering membuat gangguan tidur.

Ada cara mudah mengatasi gangguan tidur. Cukup matikan lampu kamar. Gelap baik untuk tubuh.


“Saat gelap gulita, tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon ini secara alami membantu tubuh menjadi relaks dan tidur nyenyak,” ujar psikolog Dra Ratih Andjayani Ibrahim, MM Psi pada VIVAlife.


Ratih menjelaskan, melatonin merupakan hormon yang disekresikan kelenjar pineal di otak. Ia membantu mengatur hormon-hormon lain dan mempertahankan ritme sirkadian--penentu jam alami tubuh.


“Semakin gelap kamar Anda, semakin banyak melatonin yang diproduksi tubuh,” tambah Ratih.


Alasan itu juga yang membuat banyak cahaya di ruang praktik psikolog sengaja dibuat remang-remang.


“Itu supaya pasien menjadi relaks. Saat relaks dan tenang, mereka menjadi lebih mudah untuk mengutarakan hal-hal yang mereka rasakan,” jelas ibu dua anak itu.


Beberapa studi menunjukkan, tingkat melatonin berkaitan dengan penuaan. Usia anak masih memiliki tingkat melatonin yang tinggi di malam hari. Seiring bertambahnya usia, produksi melatonin menurun.


Itu menjelaskan mengapa orang dewasa cenderung mengalami kesulitan tidur dan bangun tidur lebih awal di pagi hari dibanding saat mereka masih muda. (ms)