5 Peralatan Dapur yang Wajib Rutin Diganti




Ilustrasi wanita memasak di dapur. (iStockphoto)




Ilustrasi wanita memasak di dapur. (iStockphoto)



VIVAlife - Jajan sembarangan bisa mengancam kesehatan. Anda tak pernah tahu makanan di luar mengandung bahan berbahaya. Memasak sendiri di rumah, merupakan cara terbaik makan sehat.


Namun, sayang jika makanan yang lezat dan sehat itu tidak diimbangi dengan peralatan yang baik. Anda mungkin jarang memedulikan peralatan dapur yang sebenarnya sudah tak layak dan kedaluwarsa.


Misalnya, kapan terakhir Anda mengganti spons pencuci piring? Atau talenan yang Anda anggap bersih hanya dengan mencucinya? Padahal, itu bisa menyebarkan kuman dan meningkatkan risiko kanker.


Mengutip Huffington Post, ini peralatan dapur yang punya kedaluwarsa.


Panci antilengket


Jika panci sudah tergores dan sudah berusia empat tahun, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Jika dipanaskan dengan suhu lebih dari 148 derajat selsius, itu bisa menghasilkan asap beracun.


“Panci yang baru menghasilkan asap lebih sedikit,” ungkap Albert Levy, Asisten Profesor Kedokteran Klinis di Mount Sinai Medical Center, New York.


Tempat makan plastik


Wadah plastik yang sudah lama sering mengandung BPA, kandungan yang bisa memicu kanker, gangguan jantung, dan obesitas. Segera ganti dengan yang baru, atau gunakan produk BPA- free.


Talenan


Apapun jenisnya, baik plastik maupun kayu, talenan perlu diganti secara teratur. Meski sudah dicuci dengan air dan sabun, bakteri masih bisa bersembunyi pada bekas sayatan pisau di permukaannya.


Spons


Spons berpori dan lembab, membuat bakteri nyaman di dalamnya. Anda bisa membilasnya dengan air panas atau memasukkan ke dalam microwave selama 30 detik. Sebaiknya, ganti setelah dua minggu.


Kain pencuci piring


Sama seperti spons, kain cuci piring juga perlu sering diganti. Apalagi jika Anda menggunakan kain yang sama untuk mengelap piring dan tangan. Bakteri lebih bisa menyebar ke mana-mana. (ms)