Gebrakan Kecantikan dari Wanita Korban Kebakaran




Turi Pitt tampil di sampul majalah wanita Australia. (Facebook/Australian Women's Weekly's Photos/Turia Pitt)




Turi Pitt tampil di sampul majalah wanita Australia. (Facebook/Australian Women's Weekly's Photos/Turia Pitt)



VIVAlife - Biasanya, sampul majalah wanita dihiasi wajah cantik selebriti Hollywood atau lekuk indah tubuh model papan atas. Namun yang ditampilkan Women’s Weekly Australia sungguh berbeda.

Untuk edisi Juli 2014, majalah itu memasang sosok wanita biasa yang cenderung menyeramkan. Kulit wajahnya tidak putih, mulus, dan kencang. Sebaliknya, seluruh kulitnya dipenuhi bekas luka bakar.


Sosok itu adalah Turia Pitt, wanita 26 tahun yang pernah menjadi korban luka bakar tiga tahun lalu. Saat itu, ia terjebak dalam sebuah kebakaran besar saat sedang ultra-maraton di Australia. Pitt luka parah.


Sekitar 65 persen tubuhnya luka bakar. Ia harus menjalani 100 kali operasi dan menghabiskan 864 hari di rumah sakit. Insinyur bidang pertambangn itu sempat berada di ambang kematian.


Namun kini, Pitt tak lagi dikenal sebagai korban tak berdaya di rumah sakit. Ia melakoni hidup sebagai pembicara dan penulis motivasi. Ia juga menjadi juri beasiswa tahunan Women of the Future.


Saat Pitt melakoni pemotretan di Women’s Weekly, pemimpin redaksi majalah itu langsung memutuskan ia harus menghiasi sampul majalah. Sebab, kisah hidupnya bisa menginspirasi wanita.


“Segala upaya untuk menggambarkan keajaiban dan kecantikan Turia memang klise. Tapi saya belum pernah bertemu orang yang lebih luar biasa dari dia,” ungkap Helen McCabe, pemred Women's Weekly dalam Huffington Post.


Pitt sendiri mengaku bangga bisa menjadi gadis sampul di majalah tentang wanita. “Saya yakin ini akan mengirimkan pesan bahwa kepercayaan diri setara dengan kecantikan,” ia menuturkan.


Ia melanjutkan, “Banyak wanita di luar sana yang cantik tapi tidak percaya diri. Padahal percaya diri itulah yang membuat Anda bisa melewati segala batas,” katanya tegas, dan sekali lagi menginspirasi.


Munculnya Pitt di sampul majalah Women’s Weekly langsung menuai reaksi positif dari dunia. Beberapa blogger wanita menulis, Pitt akan menggebrak paradigma soal cantik. Itu bisa dicontoh majalah lain.