Tren Baru Hewan Peliharaan di Tiongkok: Anjing Panda




Tren anjing Panda di Tiongkok. (stuffpoint)




Tren anjing Panda di Tiongkok. (stuffpoint)



VIVAlife - Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang paling populer di seluruh dunia. Masyarakat Tiongkok pun tidak ketinggalan. Namun, anjing yang dipelihara bukan dari jenis populer seperti Golden Retriever, Labrador, Siberian Husky, atau anjing imut macam Pomeranian, melainkan anjing yang berwujud seperti Panda.

Hsin Ch'en, pemilik toko hewan di Kota Chengdu provinsi Sichuan barat daya Tiongkok, mengatakan bahwa tokonya sulit memenuhi permintaan anjing Panda.


Tetapi, menghadirkan anjing panda bukan hal yang mudah. Hsin mengakui, untuk mendapatkan seekor anjing Panda lucu, dia perlu beberapa trik. Dengan sedikit perawatan dan cat khusus, seekor anjing Chow dapat diubah menjadi seekor anjing Panda.


"Dengan sedikit perawatan dan zat pewarna, cukup mudah mengubah seekor anjing Chow menjadi seekor anjing Panda dalam dua jam," katanya.


Penampilan fisik anjing yang seperti Panda dapat bertahan selama enam minggu. Setelah itu, para pemilik harus membawa peliharaan mereka untuk dipermak kembali.


Hsin mengklaim, perawatan tidak melibatkan zat kimia sehingga tak merugikan kesehatan hewan peliharaan.


"Sepuluh tahun lalu naluri alami orang Tionghoa adalah menjadikan anjing sebagai santapan. Sekarang kami meniru budaya barat dan menjadikan anjing sebagai peliharaan," katanya seperti dimuat Metro. (asp)