Taksi Ini Berjalan Selamban Kura-Kura




Ilustrasi taksi (techweekeurope.co.uk)




Ilustrasi taksi (techweekeurope.co.uk)



VIVAlife - Sebagai salah satu moda transportasi di kota-kota besar, taksi sering dipilih masyarakat saat hendak sampai di tempat tujuan dengan cepat dan nyaman. Namun, cepat juga berarti kurang aman. Selain itu, melaju cepat terkadang membuat penumpang tegang dan juga kurang ramah lingkungan.

Karena alasan-alasan tadi, hadir sebuah taksi di Jepang yang justru kebalikan dari taksi-taksi biasanya. Dinamakan Turtle Taxi, taksi yang satu ini adalah taksi yang berjalan lamban selamban yang diinginkan penumpang.


Anda hanya tinggal menekan tombol yang tersedia di kursi penumpang untuk memberikan tanda pada sang supir bahwa taksi yang Anda naiki harus mengurangi kecepatan.


Perusahaan taksi ini menargetkan orang-orang yang tidak sedang buru-buru sebagai calon penumpang mereka. Walaupun Jepang terkenal dengan pergerakan warganya yang serba cepat setiap harinya, tak disangka taksi satu ini ternyata laris manis.


Menurut Japan Daily Press, para lansia, ibu hamil dan orang dewasa yang bepergian dengan anak-anak, banyak memilih Turtle Taxi sebagai alat transportasi mereka.


"Taksi ini sangat sempurna saat saya berpergian bersama anak saya yang sedang tidur," ujar salah seorang pelanggan.


Tak hanya memberikan perjalanan yang lancar, taksi ini juga dianggap banyak pihak lebih aman terhadap lingkungan.


Hingga saat ini, Turtle Taxi hanya beroperasi di Yokohama, namun perusahaan taksi itu dikabarkan berencana memperluas layanan mereka ke beberapa kota besar di Jepang lainnya, termasuk Tokyo. (ren)