Studi: Aktivitas Fisik Baik Bagi Jantung Orang Lanjut Usia




Meningkatkan langkah dan jarak saat berjalan kaki baik untuk jantung para lanjut usia. (iStockphoto)




Meningkatkan langkah dan jarak saat berjalan kaki baik untuk jantung para lanjut usia. (iStockphoto)



VIVAlife - Bertambahnya usia tak berarti aktivitas harus berkurang. Orang lanjut usia justru dianjurkan tetap melakukan aktivitas fisik demi kesehatan jantung mereka.

"Aktivitas fisik sederhana, seperti jarak dan langkah jalan penting bagi jantung pada orang lanjut usia," ujar peneliti dari Harvard School of Public Health dan Fakultas Olahraga University of Porto, Luisa Soares-Miranda, seperti dilansir kantor berita Reuters.


Dalam sebuah penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Circulation, orang lanjut usia yang meningkatkan langkah dan jarak jalan memiliki variabilitas denyut jantung lebih baik dibandingkan mereka yang mengurangi jarak serta langkah jalan.


Untuk diketahui variabilitas denyut jantung merupakan tanda kesehatan jantung dan sering digunakan sebagai ukuran kebugaran orang dewasa dari segala usia.


Luisa dan rekan-rekannya menganalisis data hampir 1.000 partisipan Cardiovascular Health Study yang dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1989. Pria dan wanita berusia 65 tahun atau lebih tua dipantau selama lima tahun.


Hasilnya, risiko penyakit kardiovaskular pada peserta yang lebih aktif berkurang sebesar 11 persen dibandingkan peserta yang kurang aktif.