Gajah Pun Bisa Selfie




Foto terakhir sebelum Scott menjatuhkan ponselnya dan dipakai gajah selfie. (Facebook/Scott Brierley)




Foto terakhir sebelum Scott menjatuhkan ponselnya dan dipakai gajah selfie. (Facebook/Scott Brierley)



VIVAlife - Bukan hanya manusia yang gandrung memotret diri sendiri alias selfie. Demam itu juga melanda hewan. Seekor gajah kedapatan ber-selfie ria dengan ponsel di West Mindlands, Inggris.

Itu terjadi lantaran Scott Brierley, seorang pria yang sedang menjalani tur di Safari Park menjatuhkan ponselnya. Ia sedang mengambil potret dirinya dengan latar belakang gajah, saat tiba-tiba ponselnya terjatuh.


Ponsel terjatuh ke dalam kandang, sementara mobil safari harus terus bergerak. Scott tak bisa melakukan apa-apa. Ia pasrah sampai tur selesai dan menghubungi petugas untuk mengambil ponselnya.


Namun betapa terkejut pria 23 tahun itu saat akhirnya menerima ponselnya kembali. Ada dua foto tambahan setelah ia mengambil gambar selfie dan ponsel itu terjatuh. Foto itu berwujud gajah.


Gajah betina bernama Latabe ternyata menggunakan ponsel Scott untuk selfie. Ia menyentuh ponsel dengan belalainya, dan mendapati wajahnya terpotret sempurna, dua kali. Itu pertama kali di dunia.


“Mungkin dia pikir itu makanan. Saat ponsel kembali, saya menekan tombol tengah untuk mengecek apakah itu masih bekerja. Dan wow, saya langsung syok. Gajah telah memotret dua kali,” kata Scott.


Mengutip Mirror, foto yang diambil gajah berumur 22 tahun itu tidak benar-benar jernih. Namun, itu cukup untuk disebut selfie. Orang-orang pun menyukai dan menganggapnya lucu saat ditunjukkan gambar itu.


Meski baru pertama terjadi di dunia gajah, ini bukan pertama kalinya hewan berfoto selfie. Sebelumnya, pernah ada seekor monyet di Uluwatu, Bali “meminjam” kamera turis untuk memotret dirinya sendiri.


Saat itu, turis sedang asyik memberi makan monyet. “Lalu saya punya ide untuk memotretnya. Tiba-tiba monyet berkerumun dan ada yang mencuri kamera saya,” kata turis itu dalam laman Independent.


Seorang petugas membuat kesepakatan dengan monyet untuk menukar kamera dengan makanan. “Kamera itu kembali. Saya kehilangan baterai, tapi mendapat foto yang tak terduga,” lanjut si turis.


Ia tak habis pikir bagaimana seekor monyet bisa mengambil sebuah kamera profesional dan memencet tombol untuk memotret dirinya.